Penelitian Research and Development (RnD)

Research and development (R&D) merupakan salah satu jenis metode penelitian. Dalam buku Penelitian dan pengembangan Research and Development karangan sugiyono, secara metodologis, penelitian pengembangan mempunyai empat tingkat kesulitan yaitu : meneliti tanpa menguji (tidak membuat dan tidak menguji produk), menguji tanpa meneliti (menguji validitas produk yang telah ada), meneliti dan menguji dalam upaya mengembangkan produk yang telah ada, meneliti dan menguji dalam menciptakan produk baru. Langkah – langkah penelitian setiap level dijelaskan sebagai berikut :

1. Meneliti tanpa menguji (level 1)
Pada level ini peneliti melakukan penelitian tanpa melanjutkan pembuatan produk dan tanpa menguji ke lapangan. Peneliti hanya melakukan pembuatan rancangan produk dan rancangan tersebut divalidasi secara internal (pendapat ahli dan praktisi) namun tidak diproduksi atau diuji secara eksternal (pengujian lapangan). Langkah penelitian bisa di lihat di gambar berikut :
Dari gambar tersebut bisa dilihat penelitian pengembangan bisa diawali dengan mengangkat masalah dan potensi. Potensi adalah segala sesuatu bila diberdayakan akan bermanfaat sehingga mempunyai nilai tambah. Sedangkan masalah adalah suatu penyimpanan antara yang diharapkan dengan yang terjadi.

2. Tidak meneliti tetapi menguji (level 2)
Penelitian pengembangan level 2 ini adalah penelitian yang tidak membuat rancangan melalui penelitian, tetapi hanya memvalidasi atau menguji efektivitas dan efisiensi produk yang sudah ada. Langkah penelitian level 2 dapat ditunjukkan pada gambar berikut :
Dai gambar diatas penelitian dilakukan atas dasar keraguan efektivitas dalam suatu produk. Dengan menggunakan teori dan hasil penelitian yang relevan peneliti mengamati dan mencatat spesifikasi produk tersebut, dan selanjutnya dapat berhipotesis (bisa juga tidak berhipotesis).

3. Meneliti dan Menguji untuk mengembangkan produk yang telah ada (level 3)
Penelitian ada level ini adalah meneliti dan menguji untuk mengembangkan produk yang telah ada atau menyempurnakan produk yang telah ada baik dari segi bentuk maupun fungsinya. Tahap penelitian ini adalah sebagai berikut
Langkah awal dari penelitian ini adalah mengkaji produk yang telah ada, untuk diketahui spesifikasi, kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Dari kelebihan dan kekurangan tersebut, kemudian peneliti melakukan studi literatur untuk selanjutnya peneliti melakukan perencanaan rangcangan produk untuk disempurnakan. Produk yang dihasilkan nanti harus lebih efektif, efisien dan praktis dgunakan daripada produk sebelumnya. Setelah itu dilakukan pengujian internal oleh validator berupa seorang doctor serta praktisi terkait produk yang telah ada. Selanjutnya melakukan pembuatan produk dan melakukan ujicoba eksternal atau ujicoba dan melakukan revisi sampai tahap Diseminasi dan implementasi

4. Meneliti dan menguji untuk menciptakan produk yang belum ada (level 4)
Pada level ini peneliti menciptakan produk, melakukan pengujian internal serta melakukan pengujian eksternal sampai ditemukan produk yang efektif dan efisien. Produk disini original buatan peneliti dan belum ada yang membuat produk tersebut sebelumnya. Langkah dari penelitian ini adalah berikut :

Sumber :Buku Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (Sugiyono)

0 Response to "Penelitian Research and Development (RnD)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel