Masa Lampau Asia Selatan

Sejarah Asia Selatan
Latar Bealakang Geografis India
India, yang sekarang meliputi India, Pakistan, Bangladesh, Sri Langka, Nepal, Butan, Maladewa. Mereka mendapat pengaruh dengan derajat bervariasi dengan kedaatangan bangsa-bangsa dengan berbagai peradaban dimulai dari orang-orangyang berbahasa Arya, orang-orang Mongol, orang-orang Persiamaupun Yunani, orang-orang muslim sampai datangnya orang-orang Eropa. Kata India berasal dari kata Yunani Indoi yang berarti bangsa yang mendiami daerah yang digenangi sungai Indus atau Sindhu dalam bahasa Sansekerta. Orang India sendiri lebih suka menyebut dirinya Hindustan atau Sind yang berarti lembah sungai Sindhu. India memiliki Mandala-mandala budaya, yaitu kawasan yang mempengaruhi kebudayaan berdasarkan keadaan geografisnya. Terdapat empat mandala
  • Mandala Lembah Sungai Punjab.
  • Mandala sungai Gangga.
  • Mandala daratan tinggi Deccan.
  • Mandala Tamil
Bangsa Dravida
Bangsa ini adalah bangsa asli dari India, mereka memiliki cirri-ciri badan kecil, hitam, tubuh pendek,hidung pesek dan rambut keriting. Mereka masyarakat yang cinta damai,memiliki keyakinan beribadah lewat menyiksa diri. Dan berperadaban tinggi, dilihat dari kebudayaan Mohenjodarro dan Harappa yang telah meemiiki tata kota yang sangat maju pada zaman itu, seperti sanitasi dan tata kota yang indah dan teratur.

Bangsa Arya
Bangsa ini adalah pendatang di India namun mereka mengaku-ngaku dan merebut kawasan India. Karakteristik dari bangsa iniselalu ingin memuaskan nafsunya lewat berperang. Berperawakan tinggi, putih, hidung mancung. Mereka berhubung dengan dewa-dewa dengan cara berkorban (manusia).

Kedatangan bangsa Arya awalnya untuk berkelana, namun setelah sampai di India mereka memutuskan untuk menetap karena melihat majunyya kebudayaan Mohenjodarro dan Harappa. Awalnya orang-orang dravida pun melawan orang Arya namun mereka menyerah setelah mendapat doktrin dari Arya bahwa Arya adalah penjelmaan Dewa Karena perawakannya, maka dari itu orang Dravida harus takluk pada Arya.

Kebudayaan India Tengah Tertua dan Megalitikum.
Zaman Veda, adalah zaman yang diketahui dari berbagai macam lirik dan syair di kitab Veda (kumpulan bait) Zaman Wiracerita, zaman ini diketahui dari cerita Mahabharata dan Ramayana.

Filsafat
Samkya
  • Tidak mempercayai reinkarnasi 
  • Menurunkan agama Budha Wedanta 
  • Mempercayai reinkarnasi 
  • Menurunkan agama Hindu

Hubungan India dengan bangsa lain
Salah satu berita yang menyebutkan hubungan India dengan Negara lain adalah adanya pengiriman iuran umtuk membiayai operasi perang besar yang dikerahkan oleh Xerxes dari Persia untuk menyerag Yunani dalam tahun 480 SM. Bukti yang lain adalah disebutkannya persamaan antara agama Budha dengan Ophornis dari Yunani. Selanjutnya ada penyerangan dari sultan Iskandar Agung.yang melakukan ekspansi pada India tapi tidak langsung melalui kekerasan.

Kerajaan-kerajaan di India
Kekaisaran Gupta adalah sebuah kekaisaran India kuno yang berdiri pada tahun 320 M hingga 550 M dan meliputi sebagian besar anak benua India. Kekaisaran Gupta didirikan oleh kekaisaran maharaja Sri Gupta. Chandra Gupta I, samudra Gupta Agung, dan Chandra Gupta II Agung , merupakan penguasa terkenal dalam dinasti Gupta.

Masa Asyoka
Tahun 273 Sm Asyoka menerima jabatan Raja dari Ayahandanya, Bindusara. Asyoka memerintah kerajaannya dengan baik dan dapat dikatakan mencapai kejayaan diantara raja-raja yang memerintah.

Peradaban Islam di Asia Selatan
Awal mula persebaran Islam di Asia selatan adalah lewat penyerangan dari Iskandar Agung yang ditolak, namun dengan berjalannya waktu rakyat Indiapun menerimanya namun tak serta-merta menerima Islam. Baru setelah sekian lama India dikuasai iskandar agung, barulah Islam diterima. Tanda-tanda kejayaan Islam di India adalah berdiri dengan megah Taj Mahal dan Kutb Minnar, serat munculnya kerajaan-kerajaan Islam yang tersohor seperti, kekaisaran Mogul, Kesultanan Akbar, Raja Shah Jahan yang membangun Taj Mahal.

Hubungan India dengan Bangsa Eropa
Hubungan pertama india dengan Eropa adalah melalui perdagangan rempah-rempah. Selain karena alasan rempah-rempah, bangsa Eropa datang ke India juga karena misi menyebarkan agama Kristen.

Masa penjajahan Inggris
Hubungan pertama dengan Inggris adalah lewat membentuk perserikatan dagang (EIC) yang lama-kelamaan menimbulkan persaingan dengan bangsa Eropa yang lain. Praktik-praktik ini berlanjut kea rah imperialism, diawali dari penindasan dan eksploitasi berlebihan. Dari rakyat Indiapun tidak hanya diam, namun tetapmelakukan perlawanan yang dimulai dari derah-derah. Dari penjajahan tersebut sangat berpengaruh bagi India, terutama dibidang pendidikan.

Pasang-surut nasionalisme
Nasionalisme di India tidak diperoleh dari majunya pendidikan, tapi lebih karena terbakar karena langkah-langkah reformasi para penguasa. Bapak reformasi di India adalah Mohandas Karamchan Mahatma Gandhi, yang menyuarakan pemberontakan garis keras untuk merdekanya India. Salah satu gerakan kerasnya yang menimbulkan kerusuahn dimana-diaman dan membuatnya dipenjarakan selama 6 tahun adalah Khaddar, yaitu gerakan yang dilakukan memboikot produk luar negeri yang dilakukan sejak 1921.

India Baru
Pakistan
Pada tanggal 15 desember 1947 India terbagi dua, satu dengan nama India, dihuni oleh orang-orang yang mayoritas beragama Hindu dan Budha, sedang yang kedua adalah Pakistan yang rakyatnya mayoritas adalah beragam Islam. Pembagian negar ini memang didasarkan atas perbedaan agama yang berakibat kerusuhan dan bersitegang dimana-mana. Orang yang berjuang untuk Pakistan adalah Ali Jinnah yang sekaligus disebut sebagai Bapak bangsa bagi Pakistan.

Bangladesh
Merupakan daerah pecahan dari Pakistan yaitu Pakistan barat yang merdeka pada 25 Maret 1971. Bangladesh memisahkan diari agar dapat mengolah sumber daya yang mereka miliki agar lebih maksimal.

0 Response to "Masa Lampau Asia Selatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel