Review Buku "Hubungan Internasional dalam Perspektif Sejarah"

Oleh : Drs. Subagyo, M.Pd
Tebal Halaman : viii+279
Halaman Penerbit : Widya Karya Semarang

Konsep dan ruang lingkup hubungan Internasional yang mana terdiri dari Konsep Hubungan Internasional, ruang lingkup hubungan Internasional, Asas dan latar belakang Hubungan Internasional. Namun pada pembahasan bab 1 ini Konsep Hubungan Internasional penjelasan masih belum bisa dipahami secara detail. Mungkin pemakaian bahasa yang terlalu rumit. Lalu penjelasan latar belakang hubungan internasional juga hanya membahas zaman kuno dan abad pertengahan saja.

Hubungan internasional antar negara antar bangsa bahkan negara bangsa. Dijelaskan juga apa pengertian negara, bangsa, bahkan negara bangsa. Bukan hanya itu bab 2 juga menjelaskan bagaimana terjadinya hubungan internasional yang terjadi antar negara, bangsa dan negara bangsa. Sampai keseimbangan kekuatan yang terjadi antar negara dalam hubungan ini. Ilmu-ilmu apa saja yang mendukung sistem hubungan internasional. Banyak ilmu yang mendukung dalam hubungan internasional. Lalu dijelaskan juga tentang kegiatan-kegiatan hubungan internasional itu, bagaimana sistem kegiatan yang terjadi dalam hubungn internasional. Lalu dijelaskan pula perkembangan hubungan internasional, setelah kegiatan hubungan internasional itu dilakukan apakah ada perkembangan dalam hubungan internasional atau tidak.

Apa yang menjadi sasaran dalam hubungan internasional, tentu saja dalam buku ini dijelaskan, sasaran hubungan internasional adalah perdamaian dunia. Hubungan internasional akan terlaksana dengan baik kalau terciptanya perdamaian dunia. Lalu dijelaskan pula sistem internasional, sistem internasional yang dijelaskan disini yakni abad 17 yang fokus pada sistem internasional adalah berkenaan dengan bidang masalah, lalu pada masa pasca perang dunia 2 sistem internasional berfokus pada bidang politik negara. Pendekatan dasar masyarakat Internasional terkait dengan hubungan internasional. Disini negara-negara yang dianggap sebagai organisasi manusia. Namun selain pendekatan juga dibahas kriitik terhadap masyarakat internasional, disini saya mengambil contoh kritik kaum realis terhadap pendekatan masyarakat Internasional terletak pada skeptisme yang mendalam bahwa ada sekelompok negara yang memandang dirinya sendiri terikat oleh serangkaian aturan bersama dalam hubungannya satu sama lain dan berbagi dalam hal pelaksaan intuisi bersama. Ekonomi politik internasional, di dalam hubungan internasional ternyata ada faktor ekonomi yang cukup dominan mewarnai dinamika perubahan yang terjadi. Jika ekonomi dan politik sedang bekerjasama, kekuatan ekonomi merupakan basis bagi kekuatan politik. Ekonomi adalah tentang pencapaian kekayaan dan politik adalah tentang pencapaian kekuatan. Unsur-unsur kekuatan Nasional, sebagai manifesnya dari politik internasional, pada akhirnya merupakan tatanan interaksi dari berbagai politik luar negeri. Kekuatan nasional adalah penting untuk mendukung penyelenggaraan politik luar negeri dalam menegakkan kepentingan nasional dan mempertahankan eksistensi negara.

Diplomasi merupakan sarana pelaksanaan hubungan antar bangsa atau hubungan internasional. Diplomasi adalah perangkat terwujudnya proses-proses interaksi yang memberikan dasar bagi tindakan lebih lanjut bagi suatu negara bangsa. Contohnya perkembangan di India Kuno, perkembangan di Yunani, perkembangan di Romawi Kuno, perkembangan di Zaman Byzantium, perkembangan sesudah Renaissance. Aspek-aspek lain yang berpenngaruh terhadap Diplomasi baru yaitu adanya Diplomasi Konperensi, kemunculan organisasi-organisasi dunia dan organisasi regional lainnya.

Organisasi-organisasi yang terbentuk antar bangsa akibat dari adanya hubungan internasional. Termasuk juga bagaimana terbentuknya PBB. PBB merupakan salah satu organisasi yang terbentuk antar bangsa dengan kepentingan yang sama yaitu menciptakan perdamaian dunia. Dan menjelaskan juga bagaimana hubungan PBB dengan Indonesia, Badan PBB yang yang bekerja sama dengan Indonesia salah satunya adalah untuk membahas Irian Barat yang sampai saat ini masih menjadi permasalahan dunia dalam PBB. Peran Indonesia dalam dunia Internasional terkait dengan Hubungan Internasional. Dalam dunia Internasional Indonesia pernah menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan PBB. Indonesia juga pernah terlibat dalam penyelesaian konflik yang ada di dunia. Salah satunya konflik yang terjadi di Timur Tengah. Dalam bidang ekonomi Indonesia terlibat dalam pasar bebas baik dalam tingkat global ataupun regional. Dalam bidang kebudayaan walaupun banyak kebudayaan yang masuk ke Indonesia, tapi bangsa Indonesia tidak melupakan kesenian yang dimiliki. Dalam bidang lingkungan hidup adalah Indonesia menjadi menjadi tuan rumah Konferensi Perubahan Iklim yang diprakarsai oleh PBB.

0 Response to "Review Buku "Hubungan Internasional dalam Perspektif Sejarah""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel