Pengertian Etnosentrisme Dan Contoh Etnosentrisme Menurut Para Ahli dan Faktornya

Pengertian Etnosentrisme Dan Contoh Etnosentrisme Menurut Para Ahli 


Ilmusosial.info - Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Pengertian Etnosentrisme. Etnosentrisme ialah suatu persepsi atau pandangan yang dimiliki oleh masing- masing individu yang beranggapan bahwa kebudayaan yang dimilikinya lebih baik dari budaya yang lain atau membanggakan budayanya sendiri dan mengganggap rendah budaya yang lain.

Pengertian Etnosentrisme Dan Contoh Etnosentrisme Menurut Para Ahli dan Faktornya

Secara singkat, etnosentrisme adalah sebagai sikap fanatisme suku bangsa. Orang-orang etnosentris akan menilai kelompok lain relatif terhadap kelompok atau kebudayaannya sendiri, terutama apabila berkaitan dengan, perilaku, bahasa, kebiasaan, dan agama.

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

Dayakisni dan Yuniardi (2004)
Menurut Dayakisni dan Yuniardi (2014), etnosentrisme ialah sikap dalam melihat dan melakukan interpretasi terhadap seseorang ataupun kelompok berdasarkan nilai-nilai yang ada dalam budayanya sendiri.

Barger
Etnosentrisme menurut Barger ialah kecenderungan berpikir bahwa kelompoknya sendiri lebih superior dari kelompok lain Dan menilai kelompok lain inferior dari kelompoknya itu sendiri.

Poerwanti 
Etnosentrisme adalah sebagai pandangan bahwa kelompok sendiri merupakan pusat segalanya dan kelompok lain akan selalu dibandingkan bahkan dinilai sesuai dengan standar kelompoknya sendiri.

Menurut KBBI
Etnosentrisme ialah sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan itu sendiri, terkadang disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

Wikipedia
Etnosentrisme ialah penilaian terhadap kebudayaan lain atas dasar nilai dan standar budaya itu sendiri.

Faktor Penyebab Timbulnya Etnosentrisme

Faktor politik
Faktor politik adalah merupakan faktor mendasar penyebab munculnya sikap etnosentrisme, terutama masyarakat yang cenderung tradisional dan tidak rasional. Seringkali masyarakat yang terlibat dalam politik hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri mulai dari suku, etnis, agama dan sebagainya.

Pluralitas bangsa indonesia
Bangsa Indonesia adalah merupakan bangsa yang memiliki banyak suku, ras, agama dan golongan. Dengan kondisi tersebut bangsa yang plural ini seringkali memunculkan banyak konflik. Dikarenakan masing-masing suku, agama, ras dan golongan akan berussaha untuk mendapatkan kekuasaan dan menguasai yang lain.

Dampak Terjadinya Etnosentrisme

Sikap etnosentrisme adlaah akan berdampak baik bagi individu maupun masyarakat. ada beberapa dampak yang timbul akibat dari etnosentrisme, antara lain sebagai berikut :

Dampak Positif Etnosentrisme
  1. Menumbuhkan semangat patriotisme
  2. Menjaga keutuhan dan stabilitas kebudayaan
  3. Meninggikan rasa cinta tanah air dan terhadap bangsa sendiri.
Dampak Negatif Etnosentrisme
  1. Dapat memicu konflik antar suku
  2. Memunculkan berbagai macam aliran politik
  3. Menghambat asimilisai budaya yang berbeda satu sama lain
Contoh Etnosentrime di Indonesia

Penggunaan koteka untuk laki-laki dewasa di Papua. Dan Bagi masyarakat non Papua pedalaman, penggunaan koteka mungkin merupakan hal yang memalukan. Akan tetapi bagi masayarakat pedalaman Papua, menggunakan koteka sebagai penutup kelamin mereka adalah hal wajar dan menjadi kebanggaan mereka.

Perilaku carok di Madura. Carok ialah sebuah upaya pembunuhan yang dilakukan oleh laki-laki Madura ketika merasa harga dirinya terusik oleh orang lain. Untuk masyarakat di luar Madura, mungkin perilaku tersebut dianggap sebagai bar-bar dan brutal, akan tetapi bagi masyarakat Madura perilaku tersebut dianggap sakral dan sangat dijunjung tinggi.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Etnosentrisme Dan Contoh Etnosentrisme Menurut Para Ahli dan Faktornya, semoga dapat bermanfaat

0 Response to "Pengertian Etnosentrisme Dan Contoh Etnosentrisme Menurut Para Ahli dan Faktornya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel