Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia Paling Lengkap

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia 

Ilmusosial.info - Pada kesempatan kami akan mengulas tentang Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia. Apa itu kebutuhan manusia ?. Kebutuhan adalah merupakan keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan manusia juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Untuk pembahasan lebih lengkapnya silahkan anda simak berikut ini.

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia Paling Lengkap

Kebutuhan manusia dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Kebutuhan menurut tingkat intensitas

  • Kebutuhan primer adalah merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidup manusia tidak terganggu, Contohnya : makanan dan minuman, pakaian, serta tempat tinggal.
  • Kebutuhan Sekunder
  • Kebutuhan yaitu yang pemenuhannya dilakukan setelah kebutuha primer terpenuhi, contoh : barang-barang elektronik, sepeda motor, dan kebutuhan lain yang mendukung kebutuhan primer.
  • Kebutuhan Tersier
  • Kebutuhan yaitu yang pemenuhannya dilakukan setelah pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder. Kebutuhan tersier dapat disebut juga kebutuhan yang serba kemewahan, Contoh : perhiasan, rumah mewah, mobil mewab, dan lain-lain.

Adapun kebutuhan mewah atau tersier suatu saat dapat berubah menjadi kebutuhan sekunder dan kebutuhan primer. Perubahan itu dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain sebagai berikut:

1)Meningkatkan taraf hidup manusia.
2)Meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat.
3)Naiknya pendapatan masyarakat.
4)Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5)Berkembangnya kebudayaan dan peradaban manusia.

2. Kebutuhan Menurut Sifatnya

1. Kebutuhan Jasmain
Kebutuhan jasmani, adalah merupakan kebutuhan yang secara alami dirasakan oleh fisik atau jasmani manusia. Kebutuhan ini meliputi seluruh kebutuhan yang sifatnya kebendaan. Contoh : kebutuhan akan makan, pakaian, olahraga, rumah, dan lain-lain.Kebutuhan Rohani

2. Kebutuhan Rohoani 
Kebutuhan Rohoani, adalah merupakan kebutuhan yang pemenuhannya bertujuan untuk memberikan kepuasa pada jika, hati nurani, dan perasaan seseorang. Contoh: mendapatkan kasih sayang, hiburan, rekreasi, menjalankan ibadah, dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan Menurut Subjeknya

1) Kebutuhan Individu
Adalah kebutuhan yang berguna untuk pemenuhan kepuasan pribadi (perorangan). Contoh: makanan, minuman, pakaian, sepatu dan lain-lain.

2) Kebutuhan Sosial
Adalah Kebutuhan yang apabila dipenuhi dapat bermanfaat untuk kepentingan orang banyak (kolektif). Kebutuhan Sosial ini berkaitan dengan kebersamaan, kesejahteraan, ketertiban, kenyamanan, kemakmuran, dan lain sebagainya, Contoh : jalan raya, telepon umum, tempat ibadah, rumah sakit, dan sebagainya.

4. Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhan

1) Kebutuhan Sekarang
Adalah kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang juga dan tidak bisa ditunda-tunda agar manusia tidak mendapatkan kesulitan. contohnya : Obat untuk orang sakit, air minum, untuk orang yang haus, dan sebagainya.

2) Kebutuhan Yang Akan Datang
Adalah kebutuhan yang pemenuhannya tidak perlu segera dipenuhi atau dapat ditunda di masa yang akan datang. Contohnya : Seseorang yang menabung, berarti dia memenuhi kebutuhan yang akan datang.

5. Kebutuhan Menurut Wujudnya

1) Kebutuhan Barang Berwujud
Adalah kebutuhan barang-barang yang dapat dilihat, diraba, dirasakan. Contoh : Makanan, minuman dan pakaian.

2) Kebutuhan Barang Tidak Terwujud atau Jasa
Adalah kebutuhan akan barang yang tidak bisa dilihat atau tidak terwujud benda, tetapi dapat dirasakan manfaatnya. Contoh: hiburan musik, layanan angkutan, dan sebagainya.

Demikian pembahasan tentang Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia Paling Lengkap, semoga dapat bermanfaat

0 Response to "Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel