13 Peradaban Tertua Di Dunia Yang Tercatat Dalam Sejarah Terlengkap

13 Peradaban Tertua Di Dunia Yang Tercatat Dalam Sejarah Terlengkap

Ilmusosial.info - Kali ini akan membahasan Mengenai 13  Peradaban Tertua Di Dunia Yang Tercatat dalam Sejarah. Untuk Selengkapnya silahklan anda simak pembahasanya berikut ini.

13 Peradaban Tertua Di Dunia Yang Tercatat Dalam Sejarah

Berikut ini andalah Peradaban tertua di dunia yang tercatat di dalam sejarah:

1. Inca

Inca adalah merupakan Peradaban Tertua di Dunia terbesar di daerah Amerika Selatan pada saat era pra-Columbus. Wilayahnya ialah meliputi daerah yang saat ini berada di Negara Ekuador, Peru, dan Chile. Pusat militer dan politik juga berada di daerah Cusco (saat ini dalam wilayah Negara Peru). Penduduk Inca mayoritas kaya dan kekaisarannya berkembang sangat pesat sejak didirikan pertama kali. Suku Inca adalah menganut agama Dewa Matahari.

Kaisar Inca yang Pertama adalah Pachacuti, telah berhasil mengubah desa yang dulunya sederhana menjadi kota besar yang disusun baik dalam bentuk puma. Dia Juga memperluas tradisi pemujaan untuk para leluhur. Hal ini yang membuat peradaban Inca mengalami perkembangan yang sangat pesat. Inca mendirikan sebuah pembangunan besar dan meneruskan mendirikan pembangun sebuah benteng untuk pertahanan diri.

2. Aztec

Suku Aztec muncul secara berbarengan dan menjadi pesaing utama untuk peradaban Inca. Pada Tahun 1200 M - 1300 M, Penduduk Meksiko menetap di 3 kota yang saling bersaing yaitu di daerah Tenochtitlan, Texcoco, dan Tlacopan. Sekitar Tahun 1325M, kota ini menciptakan kerja sama aliansi dengan mendirikannya sebuah Negara baru yang letaknya berada di Lembah Meksiko.

Pada jaman itu Sebenarnya, masyarakat di daerah tersebut lebih menyukai nama Meksiko, Akan tetapi penguasa daerah itu mengubahnya menjadi Aztec. Pada awal Tahun 1500 M, peradaban Aztec berada pada masa keemasan.

3. Rowawi

Masyarakat peradaban Romawi ialah berada pada jaman sekitar abad ke-6 SM. Terdapat sebuah legenda dan mitos yang menyebutkan bahwa lahirnya bangsa Romawi kuno. Dalam sejarahnya, Romawi memiliki beberapa kaisar besar dan terkenal di dalam peradaban manusia, antara lain : Julius Cesar, Trajan, dan Agustus.

Pada akhirnya Kekaisaran Romawi berkembang menjadi begitu luas dan tidak mungkin untuk membuat sebuah kekuasaan berada dalam satu pemerintahan. Kekaisaran Romawi akhirnya mengalami kejatuhan karena diserang oleh jutaan orang barbar dari utara dan timur Eropa.

4. Persia

Peradaban Persia kuno Adalah menjadi kerajaan yang paling ditakuti di dunia dan juga Peradaban Tertua di Dunia. walaupun hanya berkuasa selama kurang lebih 200 Tahun, Persia banyak menaklukkan daerah hingga seluas 2 juta mil persegi. Mulai dari daerah Mesir ke daerah Yunani, selanjutnya ke daerah India bahkan hampir seluruh wilayah Asia Tengah. Kekaisaran Persia dikenal di dunia karena kekuatan militernya dan memiliki penguasa yang bijaksana seperti Raja Cyrus II.

Ini terjadi pada tahun 550 SM. Wilayah-wilayah itu dibagi ke dalam beberapa faksi dan sejumlah pemimpin. Pada akhir 533 SM, Raja Cyrus II menyerang daerah India, jauh di timur. Bahkan sampai garis keturunannya terus berekspansi untuk menyerang wilayah lain dengan kejam dan bahkan berduel dalam pertempuran legendaris yaitu pertempuran Spartan. Kejayaan Persia kuno ini ditaklukkan oleh Alexander Agung dia adalah seorang prajurit legendaris dari Makedonia, menaklukkan kekaisaran Persia, sehingga peradaban besar Persia ini berakhir pada 530 SM.

5. Yunani

Yunani bukanlah peradaban paling tertua di dunia, tapi merupakan salah satu Peradaban Tertua di Dunia yang pernah kita liat. walaupun peradaban Yunani kuno berasal dari daerah Cycladic dan peradaban Minoan (2700 SM – 1500 SM), ada bukti dari peradaban minoan dikuburan yang ditemukan bahwa di Gua Franchthi di Argolid, Yunani pada tanggal 7250 SM.  Sejarah peradaban Yunani ialah sangat panjang sehingga para sejarawan menggolongkannya menjadi dua periode yaitu antara lain periode klasik dan Helenistik Archaic.

Periode peradaban Yunani kuno telah banyak menarik perhatian dunia. Hal ini dikarenaan peradaban Yunani telah banyak mempengaruhi aturan di dunia. Hingga hari ini masih banyak orang di dunia membicarakan peradaban Yunani. Penduduk masyarakat Yunani menciptakan gagasan Olimpiade kuno, konsep demokrasi dan senat. Mereka menciptakan dasar untuk pengetahuan modern geometri, biologi, fisika dan yang lain sebagainya. Bahkan ada banyak sekali tokoh terkenal yang banyak mempengaruhi dunia berasal dari Negara Yunani.

6. Cina

Kekaisaran Cina Kuno dikenal sebagai kekaisaran Han Cina yaitu mempunyai sejarah dan budaya yang paling beragam diantara dinasti Cina yang pernah ada. Peradaban sungai Kuning dikatakan penting oleh para sejarawan. Bagi seluruh peradaban Cina sebab ini merupakan awal didirikannya dinasti awal.

Sekitar Tahun 2700 SM bahwa Kaisar Kuning yang legendaris mulai melaksanan pemerintahannya, kemudian menyebabkan lahirnya banyak dinasti yang berlangsung untuk memerintah Cina daratan. Pada Tahun 2070 SM, Dinasti Xia menjadi kekaisaran yang pertama kali memerintah di Cina seperti yang ditulis dalam kronik sejarah kuno.

7. Maya

Peradaban Maya kuno hidup di daerah Amerika Tengah dari tahun 2600 SM dan Mereka telah banyak diperbincangkan oleh penduduk dunia karena kalender yang mereka ciptakan. Setelah peradaban Maya didirikan, Maya adalah merupakan perabadan yang mempunyai budaya yang paling canggih, dengan populasi yang hidup di peradaban Maya sebesar sekitar 19 juta pada masa puncaknya. Pada 700 SM, bangsa Maya sudah merancang sendiri sebuah penulisan yang mereka pergunakan untuk membikin sebuah kalender surya buatan mereka sendiri yang diukir di batu.

8. Mesir

Mesir kuno adalah merupaan salah satu peradaban yang tertua dan budaya terkaya  peradaban dalam daftar ini. Mesir kuno terkenal karena budaya yang mereka punyai sangat luar biasa contohnya piramida dan sphinx menjadi bukti kemajuan mereka. Peradaban Mesir mulai bersatu sekitar tahun 3150 SM, dengan sebuah tindakan penyatuan politik Hulu dan Hilir Mesir dilakukan Firaun pertama.

Mesir kuno memberikan sebuah sumbangsih besar terhadap dunia berupa bangunan piramida yang megah itu, mayat mumi untuk menyawetkan jenazah Firaun kuno hingga hari ini, kalender matahari pertama , Hieroglyphics dan banyak lagi yang semuanya itu dibuat peninggalan Mesir kuno. Mesir kuno mencapai puncak keemasan nya pada zaman Kerajaan Baru, di mana Firaun seperti Ramsee Agung. Peradaban Sungai Nil juga termasuk dalam peradaban mesir.

9. Sungai Indus

Peradaban Tertua di Dunia selanjutnya ialah lembah Indus, lembah ini hidup dan berkembang di wilayah lembah Indus. Peradaban sungai Indus berkembang diwilayah-wilayah di timur laut seperti daerah Afghanistan ke Pakistan dan India barat laut. Peradaban ini berjalan beriringan dengan Mesir Kuno dan Mesopotamia. Peradaban Lembah Sungai Indus mempunyai luas wilayah terluas dibanding ketiga peradaban Mesir Kuno dan Mesopotmia.

Luas peradaban ini 1,25 juta km2. Populasinya menetap dan hidup di sekitaran cekungan sungai Indus, salah satu sungai besar di Asia, dan sungai lain bernama Ghaggar-Hakra yang melalui timur laut India dan Pakistan timur. Di dalam peradaban Sungai Indus juga terdapat sebuah peradaban yaitu Harappa dan Mohenjo Daro. Diberi nama demikian karena situs penggalian dimana sisa-sisa peradaban yang ditemukan terdapat dikedua kota tersebut.

10. Mesopotamia

Mesopotamia dianggap oleh para sejarawan adalah merupakan peradaban tertua di muka bumi sejak evolusi manusia. Pandangan  ini didasari karena belum adanya bukti bahwa telah ada masyarakat sebelum mereka. Peradaban Mesopotamia kuno berlangsung sekitar tahun 3300 SM – 750 SM. Mesopotamia umumnya dianggap oleh masyarakat dunia ialah sebagai tempat pertama di mana masyarakat beradab benar-benar mulai terbentuk. Sekitar tahun 8000 SM  manusia kuno sudah menemukan konsep pertanian dan konsep yang lainnya yang masih digunakan pada jaman sekarang. Selain itu juga sudah diciptakan seni oleh peradaban ini. Namun semua itu adalah bagian dari budaya manusia. Mereka hidup makmur diwilayah yang sekarang yaitu Irak modern.

11. Lemuria

Peradaban Lemuria hidup pada jaman disekitar periode tahun 75000 SM – 11000 SM. Jika melihat dari pembahasan diatas. Para sejarawan berpendapat bahwa Bangsa Atlantis dan Lemuria hidup bersama-sama pada zaman itu. Peradaban Lemuria lebih dahulu diketahui oleh masyarakat di dunia daripada Atlantis dan Mesir Kuno dapat kita lihat dari penjelasannya dari sebuah karya Augustus Le Plongeon (1826-1908), seorang peneliti dan penulis dan juga bisa diperoleh dalam catatan kuno peninggalan Bangsa Maya.

Dari hasil terjemahan catatan kuno Bangsa Maya, bisa kita lihat bahwa peradaban Lemuria lebih maju dibandingkan peradaban nenek moyang mereka yaitu Atlantis. Para sejarawan berpendapat bahwa lokasi peradaban Lemuria di lokasi daerah Samudera Pasifik (disekitar Indonesia sekarang). Banyak arkeolog yang berpendapat bahwa pulaau Easter Island adalah merupakan bagian dari peradaban Lemuria. Hal ini dilihat dari ratusan patung batu kolosal yang mengitari pulau Easter Island dan beberapa catatan kuno yang terukir pada beberapa artifak yang mengacu pada bekas-bekas peninggalan peradaban maju pada zaman dulu.

12. Norte Chico

Peradaban Norte Chico atau peradaban Caral Supe Tahun 3200–1800 SM yang meninggalkan sebuah bukti arkeologis yang ditemukan oleh para sejarahwan yaitu berupa permukiman di pesisir Peru, termasuk sebuah pusat kota dari peradaban Norte Chico didaerah Aspero dan Caral. Keberadaan sebuah artefak quipu purbakala atau media komunikasi orang-orang Andes di Caral membuktikan bahwa penggunaan benda quipu telah sudah ada untuk media komunikasi dari dahulu kala. Piramida batu di Norte Chico kemungkinan se-zaman dengan Piramida Agung Giza di Mesir. Di Norte Chico tidak dilihat adanya bukti pembangunan benteng pertahan atau tanda-tanda bekas pertempuran besar, berbeda dengan kota-kota lainnya di pegunungan Andes.

13. Atlantis

Cerita Mitos tentang Peradaban Tertua di Dunia. Atlantis pertama kali diperkenalkan oleh filsuf Plato yang berasal dari Yunani sekitar tahun 427 SM – 347 SM dalam bukunya yang ditulis yaitu Critias dan Timaeus.  Dalam buku Timaeus buatan Plato diceritakan bahwa dihadapan dari selat Mainstay Haigelisi, terdapat sebuah pulau yang sangat besar daratannya hampir seperti daratan benua, dari  pulau itu kalian bisa berpergian ke pulau lainnya, di depan pulau tersebut seluruh daratannya dikelilingi laut samudera, itu adalah posisi letak kerajaan Atlantis.

Waktu itu Atlantis memiliki rencana untuk memulai perang besar dengan Athena, akan tetapi secara tiba-tiba Atlantis tiba-tiba mengalami bencana berupa gempa bumi dan banjir, tidak sampai sehari semalam, Atlantis tenggelam ke dasar laut, negara besar yang melampaui peradaban maju jaman sekarang, lenyap dan hilang dalam waktu semalam.

Demikian penjelasa tentang 13 Peradaban Tertua Di Dunia Yang Tercatat Dalam Sejarah Terlengkap, semoga dapat bermanfaat

0 Response to "13 Peradaban Tertua Di Dunia Yang Tercatat Dalam Sejarah Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel