Seni Rupa Murni dan Pengertian, Fungsi Dan Contoh (Fine Art) Paling Lengkap

Pengertian Seni Rupa Murni

Adalah seni yang dikembangkan untuk di nikmati karena keindahannya. Seni murni mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya di dalam kehidupan sehari-hari. Seni Murni ini biasanya termasuk bentuk seni visual dan seni perform. Seni murni ini dikaitkan dengan bentuk seni visual.

Pengertian seni rupa murni (Fine Art) ialah salah satu cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitik beratkan kepada keindahan untuk dinikmati saja dan ekspresi jiwa. Dalam proses pembuatannya, seni rupa murni berfokus pada nilai keindahan dan estetisnya saja dan tidak berfokus pada nilai-nilai praktis dari karya yang dibuat.

Seni Rupa Murni dan  Pengertian, Fungsi Dan Contoh (Fine Art) Paling Lengkap

Seni rupa murni mempunyai nilai keindahan tinggi dalam membuatnya. Walaupun fungsinya hanya sebagai hiasan atau pajangan saja. Seni rupa murni memilki banyak jenis yang dapat menambah keindahan saat dipajang atau dijadikan hiasan dinding rumah atau kantor.

Fungsi dan Tujuan Seni Rupa Murni (Fine Art)

Fungsi Seni Rupa Murni adalah sebagai hiasan atau pajangan saja. Tujuannya adalah hanya berpaku pada pengindah (nilai estetika dan nilai artistik)dan tidak bisa digunakan dalam mempermudah kehidupan (nilai kegunaan).


Contoh Seni Rupa Murni (Fine Art)

Contoh seni rupa murni antara lain lukisan, kaligrafi, dan patung. Berbeda dengan seni terapan, seni murni tidak dimanfaatkan sebagai alat bantu lain. Yang dimanfaatkan di dalam seni murni ini adalah nilai keindahannya. Dan menurut sejarah, 5 seni murni terbesar ialah lukisan, patung, arsitektur, musik dan juga puisi.
Berikut contoh seni rupa murni selengkapnya:

Relief
Relief ialah rupa murni berupa gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi atau trimata, yang berada di atas bidang dua dimensi atau dwi mata. terkadang relief terdapat pada tugu-tugu peringatan dan juga terdapat pada candi. Pada umumnya relief berisi diorama serta mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi.

Patung
Patung ialah karya seni murni yang merupakan ekspresi dari jiwa manusia. Terkadang orang yang membuat patung denga visual yang membentuk tiga dimensi. Tujuan utamanya membuat patung adalah keindahan. Pada umumnya patung berbentuk manusia, hewan, dan lain sebagainya. Di Indonesia paling banyak patung yang dapat dilihat dan dinikmati keindahannya. Seperti hal nya patung-patung di candi borobudur dan di pura-pura, atau di tempat-tempat sejarah lainnya.

Lukisan
Lukisan ialah karya seni yang dibuat dengan cara menggoreskan cat dengan kuas atau dengan peralatan lain dan kanvas adalah sebagai medianya. Lukisan dibuat oleh para pelukis-pelukis terkenal dengan harga lukisan bisa mencapai jutaan bahkan ratusan juta. Lukisan adalah merupakan contoh seni rupa murni karena hanya sekedar hiasan dinding atau pajangan.

Seni Grafis
Seni grafis adalah merupakan bagian dari seni rupa murni yang sekaligus seni rupa terapan. Fungsi seni grafis adalah diperuntukkan sebagai sarana ilustrasi karena merupakan seni rupa terapan. akan tetapi jika digunakan sebagai hiasan maka termasuk seni rupa murni.

Seni Fotografi
Seni fotografi ialah salah satu jenis seni rupa murni yang berkembang karena kemajuan teknologi kamera. Fotografi juga banyak disukai oleh banyak kalangan sebagai media mengekspresikan diri.

Kaligrafi
Kaligrafi ialah salah satu jenis seni rupa murni 2 dimensi yang hanya berfungsi sebagai penghias semata. terkadang kaligrafi ini dipajang di masjid, atau rumah-rumah orang islam. Kaligrafi banyak ditemukan sebagai penghias dinding

Topeng
Topeng ialah salah satu bentuk seni rupa murni jika hanya dipajang di dinding. Topeng juga dipakai sebagai properti tari atau kebutuhan lainnya. Seni rupa jenis ini dipakai untuk mengekspresikan suasana hati manusia dan yang menambah nilai keindahan didalam rumah.

Mozaik
Mozaik ialah salah bentuk seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik atau kaca untuk dijadikan sebuah karya baru yang indah dilihat. Mozaik dapat menjadi sebuah karya seni rupa murni karena saat dipajang di dinding akan lebih indah.

Ukiran
Ukiran ialah jenis seni memahat batu atau kayu untuk dijadikan suatu karya seni yang di inginkan dengan memperlihatkan keindahan. Karya seni ukir semua berbentuk makhluk hidup, bunga atau kehidupan. Ukiran bisa digunakan untuk hiasan di dalam rumah atau perkantoran.

Kerajinan Keramik
Kerajinan keramik ialah kerajinan yang memperlihatkan adalah keindahan dan bahannya dari keramik. Kerajinan keramik ini dapat berbentuk guci, vas bunga, atau bentuk lain. Biasanya akan di ukir dengan warna-warna yang indah. Bentuk kerajinan keramik ini yang sering dijumpai di masyarakat ialah guci dan vas bunga.

Demikian pembahasan mengenai Seni Rupa Murni dan  Pengertian, Fungsi Dan Contoh (Fine Art) Paling Lengkap, semoga dapat bermanfaat

0 Response to "Seni Rupa Murni dan Pengertian, Fungsi Dan Contoh (Fine Art) Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel