Pengertian, Jenis Dan Macam-Macam Seni Tari Paling Lengkap

Anda mungkin sering melihat berbagai pertunjukkan seni tari, baik itu seni tari tradisional dan seni tari modern. Jenis-jenis tariannya, dan fungsinya pun bermacam-macam. Berikut akan dijelaskan tentang seni tari secara paling lengkap.

Pengertian, Jenis Dan Macam-Macam Seni Tari Paling Lengkap

1.      Pengertian seni tari


Seni tari adalah sebuah gerakan badan yang berirama dan teratur yang dilakukan di tempat, waktu dan pada keperluan tertentu. Keperluan tersebut adalah untuk keperluan pergaulan, mengungkap  perasaan dan jufa fikiran. Seni tari biasanya juga diiringi dengan bunyi-bunyian yang berfungsi untuk mengatur gerakan penarinya dan menguatkan maksud yang ingin disampaikan dari tarian itu.

Gerakan pada seni tari tidak sama dan bukan seperti gerakan-gerakan sehari-hari, seperti hal nya senam, lari ataupun berjalan. Gerakan seni tari dibuat sedemikian rupa supaya bentuknya lebih ekspresif dan menambah unsur estetis dari gerakan tari tersebut

Tarian sesungguhnya adalah tarian yang mengkombinasikan dari 3 unsur seni tari, yaitu wiraga, wirama dan wirasa. Ketiga unsur ini melebur menjadi bentuk dan gerakan yang serasi.

Unsur paling utama dalam seni tari adalah gerakan. Gerakan pada seni tari senantiasa melibatkan anggota badan manusia. Unsur anggota badan manusia membuat gerak tari bisa berdiri sendiri, berhimpun maupun bersambungan.

2.      Jenis dan macam seni tari


Berdasarkan jenisnya, seni tari dibagi menjadi tiga antara lain tari rakyat, tari klasik serta tari kreasi. Dansa adalah salah satu tari klasik, tari yang berkembang dari kebudayaan Barat ini biasanya dilakukan berpasang-pasangan dan didalam tariannya pasangan itu saling berpegangan tangan ataupun berpelukan sambil diiringi oleh musik khusus untuk dansa. Sedangkan berdasarkan koreografi, jenis-jenis tari antara lain sebagai berikut:

a.   Tari tunggal atau Tari solo adalah tari yang diperagakan sendiri, oleh laki-laki maupun perempuan.
b.   Tari berpasangan, ialah tari berpasangan atau tari duet yang diperagakan oleh dua orang, secara bersamaan.
c.   Tari kelompok atau tari grup ialah tari yang diperagakan oleh lebih dari 2 orang.

Tari juga dapat dibedakan menjadi :
a.  Tari tradisional atau tari rakyat, tari tradisional adalah tari yang sudah ada dari dahulu dan berkembang di kalangan masyarakat serta terus turun temurun. Tari tradisional adalah Tari yang biasanya memiliki nilai dan tujuan tertentu dalam pertunjukkannya.
b.  Tari klasik, adalah tari yang berkembang di kalangan bangsawan.
c.   Tari kreasi, adalah tari yang dikreasikan dan lepas  dari  standar  tari yang baku.
d.   Tari kontemporer, adalah tari yang memiliki arti simbolik yang terkait dengan koreografi bercerita dengan gaya unik dan penuh penafsiran.


Demikian penjelasan mengenai Pengertian, Jenis Dan Macam-Macam Seni Tari Paling Lengkap, semoga dapat bermanfaat. Dan terima kasih sudah berkunjung.

0 Response to "Pengertian, Jenis Dan Macam-Macam Seni Tari Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel