Pengertian Birokrasi Beserta Ciri-Cirinya, Karakteristik, Jenis Dan Peran Birokrasi di Dalam Pemerintahan Terlengkap Disini

Pengertian Birokrasi

Ilmusosial.info - Secara etimologis, birokrasi berasal berasal dari kata “Biro” yang bermakna meja dan “Kratein” yang bermakna pemerintahan. Jika digabungkan maka miliki makna Meja Pemerintahan.

Meurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara etimologi birokrasi didefinisikan sebagai sistem pemerintahan yang ditunaikan oleh pegawai pemerintah dikarenakan udah berpegang terhadap hierarki dan jenjang jabatan.

Pengertian Birokrasi Beserta Ciri-Cirinya, Karakteristik, Jenis Dan Peran Birokrasi di Dalam Pemerintahan Terlengkap Disini

Menurut Wikipedia, Birokrasi berasal berasal dari kata bureaucracy yang diartikan sebagai suatu organisasi yang miliki rantai komando bersama wujud piramida, di mana lebih banyak orang berada ditingkat bawah daripada tingkat atas, biasanya ditemui terhadap lembaga yang sifatnya sipil maupun militer.

Menurut Michael G. Roskin, et al., Pengertian Birokrasi adalah tiap tiap organisasi besar yang terdiri atas para pejabat yang diangkat, yang mana manfaat utamanya yakni untuk melaksanakan atau mengimplementasikan (to implement) kebijakan-kebijakan yang udah diputuskan atau diambil oleh para pengambil keputusan (decision makers). Dengan kata lain, birokrasi adalah struktur yang terorganisir atau sistem rasional yang dirancang sedemikian rupa bentuknya supaya sangat mungkin terlaksananya kebijakan publik yang efisien dan efisien.

Birokrasi ditunaikan oleh serangkaian prosedur atau ketentuan yang berbentuk tetap. Adapun rantai komandonya berbentuk hirarki kewenangan yang mana berlangsung atau mengalir berasal dari atas ke bawah.


Birokrasi disebut juga sebagai badan yang menyelenggarakan service public (Civil Service). Birokrasi terdiri berasal dari individu yang diangkat eksekutif dan posisi mereka tetap datang dan pergi. Artinya, individu tersebut duduk di dalam birokrasi dikarenakan dipertahankan berdasarkan prestasi kerjanya dan sering kadang mereka dikeluarkan dikarenakan prestasi kerjanya diakui kurang.

Ciri-Ciri Birokrasi

Menurut Max Weber, ciri-ciri birokrasi diantaranya yaitu:
  • Jabatan administratif yang terorganisasi/tersusun secara hierarkis.
  • Setiap jabatan miliki wilayah kompetensinya sendiri.
  • Pegawai negeri ditentukan, tidak dipilih, berdasarkan terhadap kualifikasi tehnik yang ditunjukan bersama ijazah atau ujian.
  • Pegawai negeri terima gaji tetap sesuai bersama pangkat atau kedudukannya.
  • Pekerjaan merupakan karier yang terbatas, atau terhadap pokoknya, pekerjaannya sebagai pegawai negeri.
  • Para pejabat tidak miliki kantor sendiri.
  • Para pejabat sebagai subjek untuk mengontrol dan mendisiplinkan.
  • Promosi didasarkan terhadap pertimbangan kemampuan yang melebihi rata-rata.


Karakteristik Birokrasi

Menurut Max Weber, karakteristik yang ideal berasal dari birokrasi yaitu:
  • Kerja yang ketat terhadap ketentuan (rule)
  • Tugas yang khusus(spesialisasi)
  • Kaku dan sederhana(zakelijk)
  • Penyelenggaraan yang resmi(formal)
  • Pengaturan berasal dari atas ke bawah(heirarchi)
  • Berdasarkan logika(rational)
  • Tersentralistis(otorithy)
  • Taat dan patuh(obedience)
  • Disiplin(dicipline)
  • Terstruktur(sistematic)
  • Tanpa pandang bulu(impersonal).

Jenis-Jenis Birokrasi Negara
Menurut ideal typhus Amerika Serikat mampu diketahui tipe-tipe birokrasi negara yang mampu dimanfaatkan sebagai pemisahan tipe birokrasi. Dengan paham Ideal typhus ini mampu bandingkan bersama birokrasi yang ada di Indonesia. Di Amerika Serikat, terkandung 4 (empat) tipe birokrasi diantaranya yaitu:

Departemen-Departemen di Dalam Kabinet (The Cabinet Departments)
Dalam birokrasi terdiri atas sebagian lembaga birokrasi yang dibedakan berdasarkan tugasnya. Seperti departemen pertahanan, departemen pendidikan, departemen kesegaran dan departemen lain yang miliki tugas untuk menjalankan kebijakan yang udah ditetapkan oleh lembaga eksekutif dan yudikatif.

Agen-Agen Federal (Federal Agencies)
Agen-agen federal merupakan kata lain berasal dari kepanjangan tangan atau tangan kanan berasal dari lembaga kepresidenan. Agen ini dibentuk didasarkan atas pilihan presiden yang tengah memerintah terhadap selagi itu. Contohnya NASA dan FBI (Federal Bureau Investigation). Sedangkan di Indonesia contohnya layaknya Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Badan Tenaga Atom Nasional (Batan).

Perusahaan-Perusahaan Federal Milik Federal (Federal Corporation)
Jenis birokrasi ini merupakan birokrasi yang menggabungkan pada lembaga pemerintah sekaligus lembaga bisnis. Contoh di Indonesia adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara), Garuda Indonesia Airways (GIA), Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA), Bank Mandiri dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Agen-Agen Pengaturan Independen (Independent Regulatory Agencies).
Agen-agen pengaturan berdiri sendiri merupakan birokrasi yang didirikan untuk kebutuhan dalam penyelenggaraan regulasi ekonomi terhadap dunia bisnis. Contoh birokrasi ini di Indonesia yakni Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) , Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan lain sebagainya.

Peran Birokrasi dalam Pemerintahan Modern
Menurut Michael G. Roskin, et al., birokrasi miliki peranan-peranan perlu dalam suatu pemerintahan modern. Adapun peran birokrasi dalam pemerintahan moderen diantaranya yaitu:

Administrasi
Peran administrasi pemerintahan moderen meliputi kesibukan administrasi, pengaturan, pelayanan, perizinan, dan pengumpul informasi.

Pelayanan
Birokrasi dimaksudkan untuk melayani penduduk atau kelompok-kelompok tertentu. Contoh di Indonesia yakni Badan Metereologi dan Geofisika (BMG).

Pengaturan (Regulation)
Peran pengaturan berasal dari birokrasi yakni dirancang untuk mengimbuhkan kesejahteraan masyarakat.

Pengumpul Informasi (Information Gathering)
Badan birokrasi dijadikan ujung tombak pelaksanaan kebijaksanaan suatu negara untuk menyediakan knowledge yang terjalin bersama kebijaksanaan terhadap sejumlah pelanggaran atau kepentingan dalam menyebabkan kebijakan baru berdasarkan situasi faktual.

Menurut Andrew Heywood, peran birokrasi diantaranya yaitu:
  1. Pelaksanaan Administrasi
  2. Nasehat Kebijakan (Policy Advice)
  3. Artikulasi Kepentingan
  4. Stabilitas Politik

0 Response to "Pengertian Birokrasi Beserta Ciri-Cirinya, Karakteristik, Jenis Dan Peran Birokrasi di Dalam Pemerintahan Terlengkap Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel