Organisasi Pergerakan Nasional Pada Masa Radikal Terlengkap

Ilmusosial.info - Untuk organisasi pergerakan yang bersifat nasional sangat banyak sekali jumlahnya. Perkembangan dari organisasi pergerakan yang bersifat nasional itu bisa dibedakan menjadi tiga masa, yakni masa Awal Pergerakan Nasional, masa Radikal, dan masa Moderat.

Organisasi Pergerakan Nasional Pada Masa Radikal Terlengkap

Pergerakan nasional Indonesia disebut mulai memasuki masa Radikal ketika organisasi-organisasi pergerakan pada masa itu bersifat radikal ataupun kontra terhadap pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Organisasi pergerakan yang muncul pada masa itu biasanya menggunakan asas nonkooperatif. Organisasi-organisasi yang bersifat radikal contohnya ialah sebagai berikut:

Perhimpunan Indonesia
Pada tahun 1908 berdirilah Indische Vereeniging yang merupakan organisasi mahasiswa Bumiputra yang belajar dan mendapat pendidikan di Negeri Belanda. Pada tahun 1924, Indische Vereeniging diubah namanya menjadi Indonesische Vereeniging dan pada tahun 1925 diubah lagi menjadi Perhimpunan Indonesia.

Perhimpunan Indonesia merupakan kelompok sifatnya radikal atau nonkooperatif dalam tujuannya guna mencapai kemerdekaan Indonesia. Tokoh Perhimpunan Indonesia, antara lain ialah Iwa Kusuma Sumantri, Moh. Hatta, dan I.B. Sitanala. 

PI menerbitkan majalah yang semula bernama Hindia Poetra lalu kemudian berubah menjadi Indonesia Merdeka. Kegiatan yang dilakukan PI diantaranya ialah terlibat dalam Kongres Liga Antiimperialis di Brussel serta terlibat dalam Liga Demokrasi Perdamaian di Paris.

PKI (Partai Komunis Indonesia)
Partai Komunis Indonesia (PKI) didirikan oleh orang Belanda yaitu Sneevliet, J A Bransteder, dan P. Bregsma di Semarang pada tanggal 9 Mei 1945. Semarang dipilih sebagai tempatnya disebabkan banyak terdapat buruh pelabuhan yang merupakan target  dalam perkembangan partai ini. Awalnya PKI dinamakan ISDV (Indische Social Democratische Vereeniging).

Pada tanggal 23 Mei 1920 diadakanlah kongres dan ISDV berubah menjadi nama Partai Komunis Hindia dengan pengurusnya, antara lain Ketuanya Semaun. Wakil Ketuanya Darsono, Sekretaris Bergsina (Belanda), dan Bendaharanya  Dekker (Belanda). Pada perkembangannya, Partai Komunis Hindia diubah namanya menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tanggal 20 Desember 1920. 

PKI adalah organisasi yang merugikan perjuangan karena dengan melakukan pemberontakan membuat perjuangan (organisasi pergerakan nasional) selalu mendapat tekanan dari pemerintah Hindia Belanda.

Partai Nasional Indonesia

Partai Nasional Indonesia dibentuk di Bandung tanggal 4 Juli 1927 oleh seorang Soekarno muda. Tujuannya ialaha untuk mencapai Indonesia merdeka dengan ideologi Marhaenisme. Tokoh PNI, antara lain ialah Mr. Sartono, Mr. Iskaq Tjokroadisuryo, dan Mr. Sunaryo. 

Pada tahun 1920 ada isu bahwa PNI akan mengadakan pemberontakan. Oleh karena itu, tokoh-tokoh PNI pun ditangkap pemerintah kolonial. Tokoh PNI yang ditangkap ialah Ir. Soekarno, Gatot Mangkoepradja, Soepriadinata, dan Maskun. Keempat orang ini diajukan ke pengadilan kolonial di Bandung. 

Di depan sidang, Soekarno melakukan pembelaan yang dikenal dengan judul Indonesia Menggugat. Meskipun pemerintah kolonial Hindia Belanda tidak bisa membuktikan tuduhannya, Soekarno dan kawan-kawan tetap saja dijatuhi hukuman.

Demikian penjelasan mengenai ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL PADA MASA RADIKAL, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Organisasi Pergerakan Nasional Pada Masa Radikal Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel