Materi Modal Kerja dan Pengertian, Konsep, Jenis, Manfaat, Penggunaan, Manajemen dan Perputarannya Terlengkap

Pengertian Modal Kerja

Ilmusosial.info - Ialah Modal awal yang dibutuhkan untuk mendanai suatu kegiatan agar usaha yang dijalankan sesuai dengan renacana awal yang sudah dibuat. Modal usaha merupakan sebuah modal yang digunakan untuk kepentingan operasi dan bukan untuk investasi.

Materi Modal Kerja dan Pengertian, Konsep, Jenis, Manfaat, Penggunaan, Manajemen dan Perputarannya Terlengkap

Pengertian Modal Kerja Menurut Para Ahli
Eugene F. Brigham dan Joel F. Houston


Menurut Eugene F. Brigham dan Joel F. Houston, Modal kerja merupakan penambahan dari aktiva lancar. Aktiva lancar selanjutnya yaitu modal kerja kotor. Pengertian ini bersifat kuantitatif sebab kuantitas dana yang digunakan dalam target operasi jangka pendek. Ketersediaan modal kerja sangat bergantung terhadap tingkat liquiditas aktiva lancar (kas, surat berharga, persediaan, dan piutang).

Kasmir (2012:250)
Menurut Kasmir, Modal Kerja adalah modal yang digunakaan untuk melaksanakan kesibukan operasi perusahaan. Modal kerja diartikan sebagai investasi yang ditanamkan dalam aktiva lancar atau aktiva jangka pendek, seperti kas, bank, surat-surat berharga,piutang,persediaan dan aktiva lancar.

Jumingan (2006)
Menurut Jumingan, Modal kerja adalah kuantitas aktiva lancar terhadap neraca perusahaan. Konsep modal kerja bersih yakni pengurangan pada aktiva lancar atau aset saat ini bersama dengan pasiva lancar/hutang lancar. Sehingga diketahui bahwa terdapat modal kerja bersih dan modal kerja kotor.

Konsep Modal Kerja

Menurut Munawir (2010:14), secara umum terdapat 3 rencana modal kerja yang digunakaan, diantaranya yaitu:

Konsep Kuantitatif
Konsep ini menitik beratkan terhadap kuantum yang diberlakukan untuk mencukupi kebutuhan perusahaan dalam membiayai operasinya yang bersifat teratur atau menunjukan kuantitas dana (fund) yang ada untuk target operasi jangka penpek. Konsep ini beranggap bahwa modal kerja merupakan kuantitas aktiva lancar (gross working capital).

Konsep Kualitatif
Konsep ini menitik beratkan terhadap mutu modal kerja.Dalam rencana ini, pengertian modal kerja adalah kelebihan aktiva lancar terhadap hutang jangka pendek (net working capital), yakni kuantitas aktiva lancar yang berasal berasal dari utang jangka panjang maupun para pemilik perusahaan.

Konsep Fungsional
Konsep ini menitik beratkan terhadap manfaat dana yang dimiliki dalam rangka menghasilkan penghasilan (laba) bisnis pokok perusahaan.

Jenis Modal Kerja

Menurut Munawir (2010:119), terhadap dasarnya modal kerja terdiri berasal dari dua, yaitu:
  • Bagian yang selamanya atau anggota yang permanen yakni kuantitas minimum yang kudu ada sehingga perusahaan dapat terjadi lancar tanpa kesulitan keuangan.
  • Jumlah modal kerja yang variabel yang jumlahnya bergantung terhadap aktifitas musiman dan kebutuhan-kebutuhan di luar kesibukan biasa.

Manfaat Modal Kerja
Menurut Munawir (2010:116), manfaat modal kerja diantaranya yaitu:
  • Melindungi perusahaan terhadap krisis modal kerja sebab turunnya nilai berasal dari aktiva lancar.
  • Memungkinkan untuk dapat membayar seluruh kewajiban-kewajiban tepat terhadap waktunya.
  • Memungkinkan untuk punyai persediaan dalam kuantitas yang cukup untuk melayani para konsumen.
  • Memungkinkan bagi perusahaan untuk menambahkan syarat kredit yang lebih untung kepada para langgannya.
  • Memungkinkan perusaahan untuk dapat beroperasi bersama dengan lebih efesien sebab tidak ada kesulitan untuk mendapatkan barang ataupun jasa yang dibutuhkan.

Penggunaan Modal Kerja

Menurut Kashmir (2012:258), pemanfaatan modal kerja biasanya dilaksanakan perusahaan untuk hal-hal selanjutnya ini diantaranya yaitu:
  • Pengeluaran gaji, upah dan ongkos operasi perusahaan lainnya.
  • Pengeluaran untuk membeli bahan baku atau barang dagangan.
  • Menutupi kerugian akibat penjualan surat berharga.
  • Pembentukan dana.
  • Pembelian aktiva selamanya (tanah, bangunan, kendaraan dan mesin).

Manajemen Modal Kerja
Menurut Muslich (2005:142), Manajemen modal kerja adalah manajemen terhadap aktiva dan pasiva lancar. Manajemen modal kerja punyai lebih dari satu arti penting bagi perusahaan. Pertama, modal kerja menunjukan ukuran besarnya investasi yang dilaksanakan perusahaan dalam aktiva lancar dan klaim atas perusahaan yang diwakili utang lancar. Kedua, investasi dalam aktiva likuid, piutang barang adalah peka terhadap tingkat produktifitas dan penjualan.

Menurut Kasmir (2012:253), target manajemen modal kerja diantaranya yaitu:
  • Untuk mencukupi kebutuhan profitabilitas perusahaan
  • Dengan modal kerja yang cukup perusahaan punyai kebolehan untuk mencukupi kewajiban terhadap waktunya.
  • Memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan tambahan dana berasal dari terhadap kreditor kalau rasio keungan mencukupi syarat.
  • Guna memaksimalkan pemanfaatan aktiva lancar guna menaikkan penjualan dan laba.
  • Melindungi diri kalau terjadi krisis modal kerja akibat turunnya nilai aktiva lancar.

Perputaran Modal Kerja
Perputaran modal kerja adalah rasio yang dipakai dalam pengukuran atau penilaian tingkat efektifitas m0dal kerja terhadap periode tertentu. Rasio selanjutnya dapat dihitung melalui perbandingan penjualan bersama dengan modal kerja (rata-rata).

Rumus perputaran modal kerja, yaitu:

0 Response to "Materi Modal Kerja dan Pengertian, Konsep, Jenis, Manfaat, Penggunaan, Manajemen dan Perputarannya Terlengkap "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel