Biaya Peluang : Pengertian Beserta Ciri, Cara Menghitung Dan Contohnya (Opportunity Cost) Terlengkap Disini

Pengertian Biaya Peluang

Ilmusosial.info(Opportunity Cost) adalah cost yang dikeluarkan kala pilih suatu kegiatan. Berbeda bersama dengan cost sehari-hari, cost kesempatan terlihat berasal dari kegiatan yang tidak dapat dilakukan.

Biaya Peluang : Pengertian Beserta Ciri, Cara Menghitung Dan Contohnya (Opportunity Cost) Terlengkap Disini

Sebagai contoh, misalkan seseorang miliki duwit Rp 10.000.000. Dengan duwit sebesar itu, ia miliki kesempatan untuk bertamasya ke Bali atau belanja sebuah TV. Jika ia pilih untuk belanja TV, ia dapat kehilangan kesempatan untuk menikmati keindahan Bali; begitu sebaliknya, terkecuali ia pilih untuk bertamasya ke Bali, ia dapat kehilangan kesempatan untuk melihat TV. Kesempatan yang hilang berikut yang disebut sebagai cost oke.

Pengertian Biaya Peluang Menurut Para Ahli

N. Gregoru Mankiw
N. Gregoru Mankiw, Biaya kesempatan merupakan segala sesuatu yang mesti kamu korbankan sehingga dapat mengorbankan sesuatu.

B. Ekelund, Jr dan Robert D. Tollison
Menurut Robert B. Ekelund, Jr dan Robert D. Tollison, Biaya kesempatan adalah cost penggunaan sumber energi ekonomi bersama dengan maksud untuk tujuan yang spesifik yang di ukur berdasarkan ukuran keuntungan yang tidak menjadi diperoleh yang disebabkan gara-gara tidak pilih alternatif atau pilihan berikut dibandingkan bersama dengan komonditi yang diperoleh sebagai gantinya yang disebabkan gara-gara pilih alternatif lain.

Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus
Menurut Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, terkecuali keputusan untuk pilih cost kesempatan disebabkan gara-gara pilih 1 hal di dalam dunia kelangkaan yang mengakibatkan mesti menyerahkan sesuatu yang lainnya. Sehingga cost kesempatan adalah nilai barang ataupun jasa yang paling berharga yang hilang.


Ciri-Ciri Biaya Peluang

Adapun tanda-tanda cost kesempatan diantaranya yaitu:
  • Perhitungan cost kesempatan tidak senantiasa berhubungan bersama dengan uang. Bisa berwujud waktu, kesenangan, keuntungan di masa depan dan lain-lain
  • Memiliki banyak mungkin penggunaan
  • Pengambilan keputusan cost kesempatan terkait pada tujuan dan keadaan individu
  • Biasanya merupakan suatu kebutuhan sekunder atau tersier

Cara Menghitung Biaya Peluang

Biaya kesempatan ini dapat dihitung bersama dengan 2 langkah yaitu:
  • Dihitung berasal dari nilai kesempatan yang tidak dipilih atau yang dikorbankan, terkecuali ada 2 pilihan.
  • Dihitung berasal dari nilai kesempatan yang paling baik yang dikorbankan terkecuali terdapat lebih berasal dari 2 pilihan.

Contoh Biaya Peluang

Adapun umpama cost kesempatan diantaranya yaitu:

1. A memutuskan untuk ke warung siomay. Di warung berikut ternyata juga menjual batagor. A inginkan belanja keduanya tapi sayangnya duwit A cuma lumayan untuk belanja 1 diantara ke dua pilihan menu makanan yang dijual di warung tersebut. A kemudian mempertimbangkan apakah dapat pilih siomay atau batagor. Akhirnya A senantiasa belanja siomay dan cost peluangnya adalah 1 porsi batagor gara-gara A gagal untuk belanja batagor.

2. Perusahaan miliki sumber energi apabila gedung. Pilihannya adalah apakah perusahaan berikut dapat menyewakan sebagian anggota berasal dari gedung berikut untuk daerah usaha lain atau bersama dengan memanfaatkan gedung berikut sendiri. Namun perusahaan berikut pilih untuk memanfaatkan gedung sebagai daerah usaha dan mengorbankan cost kesempatan untuk beroleh keuntungan berasal dari menyewakan sebagian anggota berasal dari gedung

0 Response to "Biaya Peluang : Pengertian Beserta Ciri, Cara Menghitung Dan Contohnya (Opportunity Cost) Terlengkap Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel