Erosi

Selama jutaan tahun masa geologi, barisan pegunungan telah terbentuk lalu menghilang. Pergeseran benua, pembentukan sesar dan pergerakan Bumi yang lain telah menciptakan pegunungan ini. Apa yang telah taerjadi? Kebanyakan telah terkikis oleh proses pelapukan dan erosi yang lambat.

Perubahan suhu udara, hujan, dan butir es, semuanya menghancurkan bebatuan dalam suatu proses yang dinamakan pelapukan. Batuan memanas dan memuai dibawah panas matahari, kemudian mendingin dan menyusut pada malam hari. Perubahan suhu udara menyebabkan retakan permukaan batu dan potongan-potongan kecilnya mengelupas. Air hujan merembes ke celah-celah dalam batuan dan saat membeku ia membesar dengan kekuatan besar dan membelah potongan-potongan tersebut. Proses ini dikenal sebagai pembajian jalad (embun beku) Erosi adalah pelepasan elemen-elemen batu dari siklus air yang mengalir, glasier atau angin. Sungai-sungai terutama jika airnya mengalir cepat atau membanjir, bisa membawa serta potongan-potongan batu. Ombak yang menghantam karang, kadang-kadang melemparkan kerikil-kerikil atau batu-batu besar di bebatuan, juga merupakan kekuatan erosi yang kuat.

Grand Canyon adalah jurang raksasa yang mengelilingi daerah kering dan berbatu sepanjang 30km di Arizona, Amerika Serikat. Grand Canyon terbentuk selama 6 juta tahun terakhir saat pergerakan bumi mendorong daratan sebanyak lebih dari 1200 meter ke atas. Sungai Colorado yang mengalir cepat dengan teratur memotong daratan untuk mempertahankan aliran turunnya ke laut. Hasilnya adalah jurang yang sangat curam, dengan lebar rata-rata 16km dan kedalaman kurang lebih 1600 meter di beberapa tempat. Iklim gurun di daerah tersebut menyebabkan lapisan batu di bagian atas yang lebih lunak belum tersapu.

Contoh erosi paling spektakulerdi dunia adalah Grand Canyon di Arizona, AS. Lapisan batuan yang lebih lunak lebih mudah tersapu daripada lapisan yang keras, sekarang tampak jelas sebagai muka tebing yang hampir vertikal.

Sungai Colorado mengalir lebih kuat lagi pada musim semi, saat salju yang meleleh di Pegunungan Rockies yang jauh mengirim air yang membanjiri jurang tersebut. Air ini membawa serta batu-batu besar yang memecahkan dasar dan pinggir sungai. Saat sungai membelah lebih dalam lagi, tampak lapisan-lapisan batu dan fosil yang terkandung di dalamnya, hampir seperti bab dalam prasejarah Bumi. Lapisan batuan terendah berumur 1700 juta tahun. Lapisan ini dulunya berupa pegunungan yang menjulang ribuan meter di atas permukaan laut. Sungai Colorado di Amerika Serikat pernah mengalir melalui gurun, tetapi saat tanah naik sungai tersebut membentuk lembah yang semakin dalam.

0 Response to "Erosi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel