Batuan

Batu adalah materi padat yang menyusun kerak Bumi. Berbagai kombinasi mineral menyususn ratusan jenis batuan yang berbeda. Misalnya, batu pasir kebanyakan disusun dari butiran pasir yang mendapat tekanan dan direkatkan bersama-sama. Pasir kebanyakan disusun dari mineral kuarsa yang terdiri dari elemen kimia silikon dan oksigen.

Semua batuan bisa dibagi menjadi tiga kelompok utama berdasarkan cara pembentukannya. Batuan Beku, seperti granit dan basal dibentuk saat magma, batuan meleleh dari balik kerak Bumi, naik, mendingin, dan memadat.

Batuan endapan, seperti batu pasir dan batu lumpur, terbentuk dari pasir, kerikil, lumpur, dan elemen batu lain yang dihasilkan dari erosi. Batuan ini mengendap dalam lapisan-lapisan di danau, sungai, dan laut. Saat lebih banyak lapisan menumpuk diatas lapisan lain, partikel-partikelnya di padatkan dan di rekatkan menjadi batuan endapan.

Sebagian besar magma muncul secara perlahan dan membentuk bebatuan bawah yang padat. Magma tersebut seperti jelly dan bentuknya sesuai dengan keadaan sekitarnya, seperti berbentuk balkon, balok, kubah, dan bentuk-bentuk lainnya.

Kelompok yang ketiga, Batuan metamorfosis, seperti marmer dan batu sabak, terbentuk saat batuan mendapat tekanan hebat dan menjadi panas sehingga komposisi mineralnya berubah. Batuan terus menerus berubah. Pelapukan menyerang semua jenis batuan permukaan. Elemen-elemen yang terkikis membentuk batuan endapan baru yang bisa tenggelam ke dalam Bumi, meleleh, kemudian mendingin dan menjadi batuan beku. Selain itu, bebatuan juga bisa dipanaskan dan di tekan jauh ke dalam kerak bumi, membentuk batuan metamorfosis. Perubahan dari satu jenis batuan ke jenis batuan lain disebut suklus batuan (bawah).

0 Response to "Batuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel