Afrika Timur



1.      TANZANIA
Tanzania adalah sebuah negara di pusat Afrika Timur berbatasan dengan Kenya dan Uganda di sebelah utara, Rwanda , Burundi dan Republik Demokratik Kongo di barat, dan Zambia , Malawi dan Mozambik di selatan. Di sebelah timur berbatasan dengan Samudra Hindia. Tanzania adalah sebuah republik kesatuan yang terdiri dari 26 mikoa (wilayah). Ibukota Tanzania adalah Dar es Salaam. Luas wilayah Tanzania adalah 939.652 km2. Nama Tanzania berasal dari nama dua negara Tanganyika dan Zanzibar yang bersatu pada tahun 1964 untuk membentuk Republik Serikat Tanganyika dan Zanzibar, yang kemudian tahun yang sama berganti nama menjadi Republik Tanzania.
 Tanzania adalah negara terbesar ke 31 di dunia (setelah Mesir ).  Tanzania adalah pegunungan di timur laut, di mana Gunung Kilimanjaro merupakan puncak tertinggi di Afrika, di sebelah  utara dan barat adalah Danau Besar dari Danau Victoria (danau terbesar di Afrika) dan Danau Tanganyika ( danau terdalam Afrika, yang dikenal untuk spesies unik ikan). Tanzania Tengah terdiri dari dataran tinggi besar, dengan dataran dan tanah subur. Pantai timur yang panas dan lembab.
Wilayah Tanzania memiliki jumlah penduduk 34.569.000 jiwa. Angka kepadatan penduduk 36 jiwa/km2. Penduduk Tanzania beragama Kristen, Islam, dan Animisme. Sebagian besar penduduknya adalah orang Afrika.
Wisatawan dan pedagang dari Teluk Persia dan India Barat telah mengunjungi pantai Afrika Timur sejak awal milenium pertama Masehi. Islam dikenalkan di pantai Swahili pada awal abad kesembilan atau kedelapan Masehi.
Dari tahun 1980-an, pertengahan rezim dibiayai sendiri dengan meminjam dari Dana Moneter Internasional dan mengalami beberapa reformasi. Dari pertengahan tahun 1980-an PDB per kapita telah tumbuh dan kemiskinan telah berkurang.
Presiden Tanzania dan anggota Majelis Nasional dipilih secara bersamaan melalui pemilu langsung untuk masa jabatan lima tahun. Presiden menunjuk perdana menteri yang menjabat sebagai pemimpin pemerintah dalam Majelis Nasional. Presiden akan memilih kabinetnya dari antara anggota Majelis Nasional. Konstitusi juga memberdayakan dia untuk mencalonkan sepuluh anggota yang tidak dipilih Parlemen, yang juga berhak untuk menjadi anggota kabinet. Pemilihan presiden dan semua kursi Majelis Nasional diadakan pada bulan Desember 2005. Tanzania adalah satu pihak negara yang dominan dengan Chama Cha Mapinduzi berkuasa. Partai-partai oposisi secara luas dianggap tidak memiliki kesempatan nyata kekuasaan mendapatkan, meskipun negara tetap damai.
Tanzania memiliki lima tingkat peradilan menggabungkan yurisdiksi dari suku, Islam, dan hukum umum Inggris. Banding adalah dari pengadilan primer melalui pengadilan distrik, penduduk hakim pengadilan, ke pengadilan tinggi, dan Pengadilan Banding. Hakim yang ditunjuk oleh Hakim Ketua Tanzania , kecuali orang-orang untuk Pengadilan Banding dan Pengadilan Tinggi yang ditunjuk oleh presiden.
Perekonomian sebagian besar didasarkan pada pertanian , yang menyumbang lebih dari setengah dari PDB , memberikan 85 persen (sekitar) dari ekspor, dan mempekerjakan sekitar 80 persen dari angkatan kerja. Topografi dan, iklim, batas dibudidayakan tanaman meskipun hanya 4 persen dari luas tanah.
Bangsa ini memiliki banyak sumber daya termasuk emas dan gas alam. Ekstraksi gas alam dimulai pada tahun 2000-an. Gas ditarik ke ibukota komersial, Dar Es Salaam dan diekspor ke berbagai pasar luar negeri. Kurangnya pembangunan secara keseluruhan telah menghambat ekstraksi berbagai sumber daya tersebut, dan bahkan sampai ada upaya telah hadir untuk mengembangkan sektor sumber daya alam tapi tidak ada hasil yang terukur besar. Industri terutama terbatas pada pengolahan produk pertanian dan barang-barang konsumsi ringan. Tanzania memiliki sejumlah besar sumber daya alam termasuk emas, intan, batubara, bijih besi, uranium, nikel, krom, timah, platina, coltan, niobium dan mineral lainnya. Ini adalah produsen ketiga terbesar emas di Afrika setelah Afrika Selatan dan Ghana. Tanzania juga dikenal untuk gemstones tanzanite . Tanzania telah puluhan taman nasional yang indah seperti yang terkenal di dunia Serengeti dan Ngorongoro Kawasan Konservasi , yang menghasilkan pendapatan dengan sektor pariwisata besar yang memainkan peran penting dalam perekonomian.
2.      KENYA
Secara geografis, negara Kenya terletak di pantai timur Afrika. Sebelah utara negara ini dibatasi oleh Sudan dan Ethiopia. Sebelah selatan dibatasi oleh Tanzania. Sebelah timur dibatasi oleh Somalia dan Samudera Hindia. Sebelah barat dibatasi oleh Uganda dan danau Victoria. Secara astromonis, Kenya terletak antara 4°LU - 4°LS dan 33°BT - 44°BT. Luas wilayah negara Kenya adalah 586.646 km². Kenya beribu kota di Nairobi.
Negara ini berpenduduk sebanyak 32.021.860 jiwa. Angka kepadatan penduduk 49 jiwa / km2. Penduduk Kenya beragama Protestan dan Katolik Roma. Bahasa resminya adalah bahasa Swahili dan Inggris tetapi bahasa Kikuyu, Luhya, Luo, dan Meru masih dipakai. Penduduknya terdiri atas orang Kikuyu, Lukya, Luo. Kalenjin, dan Kamba.
Orang Afrika utara pindah ke Kenya pada sekitar 2000 SM. Pedagang Arab mulai mengunjungi daerah pesisir Kenya pada awal abad pertama. Karena jarak Kenya yang dekat dengan Semenanjung Arab mengundang kolonisasi, dan tempat tinggal orang Arab dan Persia berkembang di sekitar pesisir pada abad ke-8. Pada awal millenium, suku Nilotic dan Bantu mulai masuk ke daerah ini, dan sampai sekarang merupakan tigaperempat dari populasi Kenya.
Orang Portugal merupakan orang Eropa pertama yang menjelajahi Kenya, Vasco da Gama mengunjungi Mombasa pada 1498. Portugis mengontrol bagian pesisir Kenya mulai dari Malindi sampai Mombasa. Kehadiran kolonial Portugis di Afrika Timur secara resmi dimulai pada 1505, ketika flagship di bawah pimpinan Don Francisco De Almeida membom dan merampok Kilwa, sebuah pulau yang terletak di selatan Tanzania. Berikutnya, orang Portugis merampok Mombasa ketika pemimpin kota menolak untuk membayar pajak. Kemudian Hoja (sekarang dikenal sebagai Ungwana, terletak di mulut Sungai Tana), Barawa, Angoceh, Pulau Pate juga diserang dan kota-kota pesisir lain sampai Samudra India barat merupakan surga bagi kepentingan perdagangan Portugis dan pajak diserhakan kepada Portugis oleh kota-kota di sepanjang pesisir Afrika Timur.
Kenya adalah republik demokrasi perwakilan dengan sistem presidensial, di mana Presiden Kenya menjadi kepala negara dan kepala pemerintahan sekaligus. Negara ini juga memakai sistem multipartai. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh pemerintah, yang juga memegang kekuasaan legislatif bersama National Assembly. Kekuasaan yudisial tidak dipengaruhi oleh dua kekuasaan tersebut.
Sejak kemerdekaannya, Kenya berhasil menjaga stabilitas di tengah perubahan sistem politik dan krisis-krisis di negara tetangganya. Ditambah lagi setelah dianutnya demokrasi multipartai, penduduk Kenya bisa menikmati kebebasan yang lebih. Reformasi yang dilaksanakan parlemen pada tahun 1997 merevisi beberapa undang-undang yang opresif, diwariskan dari era kolonial dan mengekang kebebasan berbicara dan berkumpul.
Perekonomian Kenya merupakan sistem berbasis pasar yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap pertanian dan pariwisata. Sektor pertanian memperkerjakan hampir 75 persen dari seluruh penduduk Kenya. Ketergantungan ini menyebabkan perekonomian Kenya rentan terhadap siklus “boom and bust”.
Pada tahun 2008, pendapatan ekspor Kenya diperkirakan mencapai sekitar US$ 5 milyar. Sedangkan nilai impor, yang sangat dipengaruhi oleh melonjaknya harga minyak dan pangan dunia, mengakibatkan membengkaknya nilai impor menjadi sebesar US$ 10,6 milyar sehingga mengakibatkan defisit neraca perdagangan menjadi US$ 5,6 milyar. Beberapa produk ekspor utama adalah teh (18,6% dari total ekspor), produk hortikultura (15,4%), kopi (3,2%), serta ikan dan bahan ikan olahan (1,3%). Negara-negara tujuan ekspor utama adalah Uganda (16,5%), Inggris (9,2%), Amerika Serikat (8,4%), dan Belanda (8,0%). Untuk impor, produk-produk utama adalah bahan-bahan industri (28%), mesin dan perlengkapannya (11,3%), consumer goods (5,9%), dan food and beverages (5,4%). Negara-negara pengimpor utama adalah Uni Arab Emirat (12,5%), Arab Saudi (10,6%), Afrika Selatan (8,8%), serta Amerika Serikat (8,4%).


3.      SOMALIA
Somalia dahulu bernama Republik Demokratik Somali, adalah sebuah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Negara ini berbatasan dengan Djibouti di barat laut, Kenya di barat daya, Teluk Aden dan Yaman di utara, Samudra Hindia di sebelah timur, dan Ethiopia di sebelah barat. Somalia terletak dari 12` LU sampai 39` LS dan dari 41` BT sampai ke 51` BT. Pesisir sebelah utaranya menghadap ke Teluk Aden dan pesisir sebelah timurnya menghadap ke Samudra Hindia. Negara yang berbatasan dengannya adalah Kenya, Djibouti, dan Ethiopia. Wilayahnya seluas 637.657 km2 dengan ibu kota Mogadhishu.
Somalia beriklim tropis kering dengan curah hujan tahunan yang kurang dari 50 cm. Wilayah Somalia sebagian besarnya adalah wilayah setengah gurun yang gersang, walaupun masih terdapat pegunungan dan wilayah dataran rendah di bagian tenggaranya. Somalia memiliki garis pantai sekitar 2.600 km, tetapi karena adanya karang pelintang di lepas pantainya, maka pasokan bahan-bahan impor agak terhambat. Somalia memiliki tiga sungai utama yaitu sungai Nagal di utara, sungai Shibeli di tengah dan sungai Giuba di selatan. Untuk dua yang disebutkan terakhir, wilayah yang dilalui oleh aliran sungainya selalu subur karena tiap tahunnya sungai ini selalu berair.
Di banyak wilayah, tanah Somalia ditumbuhi dengan semak-semak dan rumput-rumputan, terutama di bagian selatan. Tumbuhan yang tersebar di seluruh wilayahnya adalah pohon baobab dan akasia, dan masih banyak jenis-jenis pohon lainnya. Kekayaan fauna yang dimiliki oleh Somalia antara lain adalah antilop, gajah, singa, macan tutul, cheetah, kuda nil, dan penyu. Somalia juga merupakan tempat berkumpulnya spesies burung paling indah di Afrika, selain itu Somalia juga merupakan negeri yang kaya dengan spesies ikan hiu dan ikan tuna.
Jumlah penduduk 9.480.000 jiwa dengan angka kepadatan penduduk 14 jiwa / km2. Mayoritas penduduknya beragama islam dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Somali, Inggris, Arab, dan Italia. Sebagian besar penduduk Somalia adalah suku bangsa Somali.
Tanah Somalia terkenal sebagai “Tanah Aromatik” pada zaman Mesir kuno. Namun bangsa Somalia meyakini bahwa nenek moyang mereka sekarang adalah orang-orang Arab yang bermigrasi ke wilayah Somalia pada abad ke-7 pada masa penyebaran agama Islam sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh orang-orang Arab muslim. Sebagian besar dari mereka menetap dan berasimilasi dengan penduduk nomadik setempat yang akhirnya melahirkan bangsa Somalia kini. Sejarah modern Somalia dapat ditarik dari masa kolonialisasi Inggris dan Italia pada pertengahan tahun 1880-an. Somalia memiliki enam wilayah administratif yang meliputi Mijirtein, Mudugh, Benadir, Hiran, Juba Atas dan Juba Bawah. Somalia sekarang dipimpin oleh presiden dan perdana menteri, yakni presiden Sharif Ahmed dan perdana menteri Omar Ali.
Pada tahun 1977 Somalia sempat terlibat konflik dengan Ethiopia karena Somalia menginginkan wilayah Ogaden yang secara tradisional merupakan wilayah Somalia karena banyak sekali suku-suku Somalia yang menetap disana. Dengan bantuan Uni Soviet, Ethiopia berhasil mempertahankan wilayah itu dan menyebabkan lebih dari 1.000.000 keluarga mengungsi ke Somalia. Hal ini menimbulkan masalah pengungsi yang sangat besar di Somalia. Somalia sendiri memiliki jumlah tentara yang sangat kecil, karena negeri ini selalu dilanda konflik dan perang saudara yang berkepanjangan dan juga masalah perompakan yang belakangan menjadi sangat marak di wilayah laut Somalia.
Walaupun terdapat sejumlah perusahaan, perekonomian Somalia dikendalikan secara dan perusahaan-perusahaan milik negara memegang peranan utama. Nasionalisasi sejumlah perusahaan asing dilakukan pada tahun 1970. Pada tahun 1970-an Somalia mengalami kesulitan ekonomi akibat kemarau panjang dan keberadaan ribuan pengungsi dari Ethiopia. Keadaan tanah yang tandus, curah hujan yang sedikit, sumber daya alam yang terbatas dan cara-cara berproduksi yang masih tradisional menyebabkan perekonomian Somalia tidak dapat berkembang dengan baik. Walaupun sejumlah kemajuan ekonomi diperoleh sejak tahun 1950, namun hingga kini Somalia tetap tidak dapat melepaskan diri dari bantuan negara-negara lain terutama Amerika Serikat dan Italia.
Jenis bahan tambang yang terdapat di somalia antara lain: minyak bumi, bijih besi, gips, mangan, dan uranium. Bahan mineral lainya adalah garam, batuan gamping dan pasir. Daerah Alti Giuba dan Bur Hacaba menghasilkan biji besi sedangkan di dearah Mudugh ditambang Uranium. Negeri ini hanya terbatas pada pengolahan hasil pertanian, peternakan, dan perikanan. Selain itu terdapat industri tekstil, pengilangan minyak, sabun, pakaian dan percetakan. Daerah industri terpusat di Kismaayo dan Ras Korsh.
Somalia adalah negara yang pemerintahannya gagal akibat dari anarkinya, korupsi, kekurangan pemerintah, dan kelaparan. Para turis diperingatkan agar tidak memasuki Somalia, yang menyatakan diri nya “Republik Merdeka Somaliland” atau berlayar dekat “Terompet Afrika”. Bajak laut mengawasi perairan ini yang diperlengkapi dengan AK-47 dan akan merampas barang2 dan menahan anda untuk dijadikan tebusan. Perkelahian antar suku sudah meminta ribuan jiwa di sebelah utara Somalia. Sedangkan di ibu kota, Mogadishu diperebutkan oleh banyak suku dan pemimpin perang. Etiopia pernah menyerang tentara Islamiah di Somalia pada akhir 2006, dan menyebabkan ratusan korban tewas dan ribuan korban penggusuran. Jika anda benar-benar terpaksa ke daerah ini, yakinkanlah asuransi anda masih berlaku.
4.      MADAGASKAR 
Republik Madagaskar adalah sebuah negara pulau di Samudra Hindia, lepas pesisir timur Afrika. Pulau Madagaskar adalah pulau terbesar keempat di dunia. Selain pulau utama, beberapa pulau kecil di sekitarnya juga menjadi klaim republik ini, yaitu Pulau Juan de Nova, Pulau Europa, Kepulauan Glorioso, Pulau Tromelin Island, dan Bassas da India. Walaupun secara geografis berdekatan dengan Afrika, sejarah geologi, biologi, dan demografi Madagaskar berbeda dengan wilayah daratan utama benua itu.
Republik ini dulu dinamakan Malagasi, sewaktu merdeka dari Prancis pada tahun 1960. Akibat hubungan yang memburuk dengan bekas penjajahnya, namanya kemudian diganti menjadi Madagaskar. Nama Malagasi masih dipakai untuk menyebut bahasa dan bangsanya.
Secara geologi, Madagaskar berada pada lempeng yang terpisah dari benua utama Afrika. Pertama kali terpisah dari anak benua India, pulau ini bergerak makin mendekati benua itu. Pulau ini adalah daratan tua, sama seperti Australia, sehingga tanahnya kahat bahan mineral akibat tidak adanya aktivitas vulkanik. Kebanyakan tanahnya berwarna merah, menunjukkan keadaan tanah yang telah melapuk.
Akibat isolasi ratusan juta tahun tersebut, flora dan fauna Madagaskar sangat khas dan banyak spesies endemik ditemukan di sana. Keadaan ini mirip dengan yang terjadi pada Pulau Sulawesi.
Manusia pertama yang menghuni Madagaskar berasal dari Nusantara, dan diperkirakan akibat hubungan dagang masyarakat Nusantara ke pantai timur Afrika pada awal-awal abad Masehi. Berdasarkan bukti leksikostatistika dan linguistika, bahasa Malagasi masih termasuk paling dekat dengan bahasa Maanyan, dan tergolong rumpun bahasa Austronesia. Etnis pribumi sendiri seperti Merina dan Betsileo tergolong kedalam rumpun bangsa Austronesia dengan penampilan fisik yang serupa dengan Ras Melayu. Seiring dengan peningkatan perdagangan, masyarakat dari pantai timur Afrika bermigrasi ke pulau ini. Penduduk Madagaskar sekarang adalah campuran dari kedua ras tersebut dengan berbagai derajat. Walaupun berbeda asal-usul, semua warga berbicara dengan bahasa yang sama, walaupun berbeda dialek.
Madagaskar terbagi menjadi 6 provinsi (faritany mizakatena) otonomi:
·         Antananarivo
·         Antsiranana
·         Fianarantsoa
·         Mahajanga
·         Toamasina
·         Toliara
Jumlah penduduk Madagaskar adalah 16.920 jiwa dengan angka kepadatan penduduk sebesar 28 jiwa/km2. Mayoritas penduduk penganut animisme. Bahasa resminya adalah bahasa Malagasi dan Perancis. Penduduk Madagaskar terdiri atas orang Merina ( Melayu-Indonesia ), Arab dan Afrika.
Yang menjadi ekspor utama di Madagaskar adalah kopi, vanili ( produsen vanili terbesar di dunia ), tebu, cengkeh, kakao, padi, singkong (tapioca), kacang, pisang, dan produk ternak. Sumber alamnya adalah kromium, grafit, batu bara, dan bauksit.
5.      KOMORO ( COMORO )
Perserikatan Komoro (hingga 2002 bernama Republik Islam Federal Komoro) adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Hindia yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Komoro terletak di penghujung utara Selat Mozambik, di antara Madagaskar and Mozambik. Wilayahnya terdiri dari 3 buah pulau utama: Grande Komoro, Anjouan dan Moheli. Nama negara ini berasal dari kata al-Khamar yang bermakna 'pulau bulan kecil'. Ibu kotanya ialah Moroni yang terletak di Grande Komoro. Negara yang luas wilayahnya lebih kecil dari pulau Alor ini melepaskan diri dari penjajahan Perancis tahun 1975 dan karena perbedaan agama maka sebagian yang beragama Kristen memilih tetap bersama Perancis.
Jumlah penduduk di negara ini adalah 750.000 jiwa dengan angka kepadatan penduduk 390 jiwa / km2. Mayoritas penduduk beragama Islam Sunni. Bahasa resminya adalah bahasa Arab, Perancis, dan Komoro. Penduduk Komoro terdiri atas orang Arab, Afrika, Melayu, dan Madagaskar. Hasil pertaniannya antara lain: vanili, kelapa, tebu, kopi, dan kopra.
6.      ETHIOPIA
Republik Demokratik Federal Ethiopia atau Etiopia adalah sebuah negara yang terletak di Afrika. Ethiopia merupakan negara berbentuk republik dan mengambil bagian secara aktif dalam aktivitas-aktivitas kerjasama internasional. Ibukotanya, Addis Ababa merupakan pusat administrasi Kesatuan Afrika (AU).
Luas wilayah Negara Ethiopia adalah 1.128.221 km2. Jumlah penduduknya adalah 67.220.000 jiwa dengan angka kepadatan penduduk 57 jiwa/ km2. Penduduk Ethiopia beragama Islam, Ortodok Ethipia, dan Animisme. Bahasa resminya Amharik, tetapi bahasa Tigrinya dan Orominga masih dipakai. Penduduknya terdiri atas orang Oromo, Amhara, Tigre, dan Sidamo.
Ethiopia mempunyai salah satu sejarah terlengkap sebagai negara merdeka di benua tersebut. Merupakan negara tertua di dunia, kawasan Ethiopia juga merupakan salah satu tempat peradaban yang terawal di dunia. Pemerintahan Ethiopia pertama dibentuk sekitar tahun 980 SM dan menerima agama Kristen pada abad ke-4 M. Negara ini cukup unik jika dibandingkan dengan negara-negara Afrika lainnya karena tidak pernah dijajah selama masa Perebutan Afrika, dan terus merdeka hingga tahun 1936, saat pasukan Italia menguasai negara tersebut. Pasukan-pasukan Britania Raya dan Ethiopia mengalahkan tentara Italia pada 1941, dan Ethiopia memperoleh kembali kedaulatannya setelah menanda tangani Perjanjian Britania-Ethiopia pada Desember 1944. Ethiopia dulu pernah bernama Abisinia.
            Hasil pertanian dan pertambangannya antara lain: kopi, padi-padian, emas, tembaga, potas, dan platinum.
7.      DJIBOUTI
DJIBOUTI



Djibouti_map
 












A.    LOKASI
Djibouti  adalah negara republik di Afrika timur laut
berbatasan dengan ethiopia(utara, barat dan selatan), Somalia (tenggara) dan Teluk eden(timur).
Luas \                             : 23.200 km2
Penduduk                      : 327.000 (1989)
Kepadatan penduduk    : 14 /km2
Ibu kota                                     : Djibouti
Bahasa                           : B. Arab, perancis
Agama                           : Islam (94%), Katolik roma(4%), Protestan(1%), Ortodoks(1%)
Satuan mata uang          : Franc Djibouti

B.     PENDUDUK
Negara ini berpenduduk sekitar 327.000 orang. Hampir semua penduduk Djibouti berasal dari kelompok suku utama, yaitu Afar dan Issa. Orang Afar tinggal di utara dan barat. Orang Issa menempati bagian selatan. Di negeri ini ada juga penduduk Eropa (terutama Perancis) sekitar 34.400 orang (1985), dan Arab (terutama Yaman) sekitar 25.800.
Orang Afar dan Issa secara tradisional merupakan suku bangsa pengembangan yang mengembalakan kambing, biri-biri, unta, dan sapi di pedalaman. Panas terik, air yang langka, dan padang pengembalaan yang sangat kurang, semuanya itu membuat kehidupan menjadi sulit bagi suku pengembara ini. Akibatnya sekitar 180.000 lebih orang Afar dan Orang Issa hidup di kota Djibouti. Banyak orang disana memiliki kebiasaan menguyah khat, yakni daun yang dapat menghasilkan rasa segar, kesempatan untuk menadapatkan pendidikan di negara ini sangat terbatas hanya 10% dari jumlah penduduk yang dapat membaca dan menulis.
C.     STATUS POLITIK DAN SEJARAH
Djibouti adalah sebuah negara republik, rakyat memiliki badan legislatif yang disebut majelis nasional. Majelis yang terdiir dari 65 anggota ini memilih seorang presiden. Kepala pemerintahan adalah seorang perdana menteri. Sejak permulaan sejarah, negara ini telah menjadi titik awal perpindahan orang-orang antara Afrika dan Asia. Letaknya yang dekat dengan Timur Tengah membuatnya menjadi daerah Afrika petama yang didomonasi oleh para penakluk Arab. Antara abad ke-8 dan ke-10, orang Arab membuat hampir semua rakyat negeri ini menjadi islam. Perancis menjajahnya sejak tahun 1862. Pada waktu itu negeri ini dikenal dengan nama Somaliland Perancis. Pada tahun 1967 nama negeri ini diubah menjadi Wilayah Afar dan Issa (the territorial of Afars and Issas). Negeri ini baru merdeka tanggal 27 juni 1977 dengan nama djibouti dan Hasaan Gouled menjadi presiden pertama.
D.    LINGKUNGAN ALAM
Ciri utama permukaan wilayah Djibouti adalah adanya pertemmuan dua alur pertahanan (Fault) besar yang berasal dari kegiatan vulkanis. Negeri ini berupa gurun yang berbatu-batua yang tertutup oleh gumpalan-gumpalan lava serta gunung-gunung vulkanis yang bisa mencapai ketinggian sampai 1500 m di atas permukaan laut. Patahan yang sejajar dengan Laut Merah memebntuk lembah-lembah dalam, dimana terdapat Dataran Hanle, D. Alol dan D. Assal. D. Assal terletak sekitar 150 m di bawah permukaan laut. Garis pantainya melengkung tajam, yakni di Teluk Tadjoura dan teluk Ghoubbat-el-Kharrab, yang merupakan perpanjangan dari patahan Teluk Aden.
Djibouti beriklim gurun yang panas dengan suhu rata-rata mnecapai 320C. Curah hujannya tidak menentu sehingga kurang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pertanian. Dalam setahun curah hujan hanya mencapai 127 mm, karena itu vegetasinya terutama terdiri dari semak berduri dan semak gurun, kecuali dibeberapa tempat terdapat hujan kecil di daerah perbukitan , tumbuhan palma di sepanjang tepi alur sungai yang kering, dan hutan bakau di sepanjang pantainya.

E.     EKONOMI
Djibouti sepenuhnya didasarkan pada pelabuhan bebas dan lalu lintas transitnya. Kota pelabuhan berkembnag disebuah kelompok pelabuhan karang yang terpisah dari daratan utama pada saat air pasang naik. Pelabuhan ini menjadi makmur berkat fungsinya sebagai tempat persinggahan bebas lalu lintas melalui terusan suez.

F.      POTENSI-POTENSI
Dalam persainggannya dengan Aden (ibu kota dan kota pelabuhan di Yaman selatan), Djibouti lebih unggul berkat perlengkapannya yang lebih baik dan jaraknya yang lebih dekat dengan jalur pelayaran utama melalui terusan Suez. Hubungan dengan addis Abeba (ibu kota Ethiopia) melalui Jalan kereta api Franco-Ethiopia menjadikan Djibouti sebagai pintu gerbang yang paling menyenangkan bagi Ethiopia, termasuk daerah Harar. Bhkan sudah ada pula rencana perpanjangan jalan kereta api ke Sidamo. Ada juga suatu kemungkinan yang lain yakni melalui Aseb, yang berhubungan denga Addis Abeba lewat jalan raya, dan juga melalui Mesewa. Rencana untuk membuat jalan raya yang menghubungkan Djibouti dengan jalan raya Aseb-addis abeba juga sudah ada. Perdagangan dengan semenanjung Arab termasuk ekspor hewan ternak dan barang-barang transit dari ethiopia dan somali.

G.    PERMASALAHAN UTAMA
Djibouti tidak memiliki sumber daya alam yang berarti tanah disini pun tak subur karena ini tidak memiliki sungai yang permanen, curah hujan yang cukup dan jumlah danau iar tawarnya pun hanya sedikit. Akibatnya pertanian hanya mungkin dilakukan dibeberapa tempat yang beririgasi, seperti di Amboulli dan Dikhil, dengan kurma dan sayurannya sebagai tanaman utamanya. Penduduk pedesaan terutama mengandalkan hidupnya pada hewan peliharaan seperti kambing, biri-biri dan unta serta sedikit sapai sebagai penyedia susu, daging, darah dan kulit. Tempat pengembalaan musiman menimbulkan adanya gerakan berpindah-pindah keluar masuknya negara-negara lain terutama ethiopia dan Somalia. Garam dihasilkan dengan menguapkan air laut dari endapan di D. Assal, tetapi hasilnya sangat sedkit. Endapan mika, gips, belerang, dan ametis diduga ada juga di negeri ini.

8.      ERITREA

9.      UGANDA
Republik Uganda adalah sebuah negara di Afrika Timur. Negara yang mendapat julukan "Mutiara Afrika" oleh Winston Churchill ini berbatasan dengan Kenya di sebelah timur, Sudan di utara, Republik Demokratik Kongo di barat, Rwanda di barat daya, dan Tanzania serta Danau Victoria di selatan. Nama negara ini berasal dari kerajaan Buganda yang wilayahnya dahulu mencakup bagian selatan Uganda. Uganda terbagi kepada 70 distrik.
Walaupun tak berpantai, Uganda mempunyai beberapa danau besar, seperti Danau Victoria, danau Albert,danau Kyoga dan danau Edward. Negeri ini terletak di plateau Afrika Timur, kira-kira 900 m di atas permukaan laut. Pada umumnya Uganda beriklim tropis, tapi terdapat juga variasi. Uganda mempunyai beberapa pulau di danau Victoria. Kota-kota terpenting terletak di selatan di dekat danau Victoria termasuk ibukota Kampala dan kota di dekatnya Entebe.
Uganda terbagi dalam 70 distrik, 4 daerah administratif: Utara, Timur, Sentral dan Barat. Distrik ini dinamai menurut kota terbesarnya, misalnya kota Kampala terletak di distrik Kampala.
Pada mulanya Uganda dikuasai oleh beberapa suku-suku besar yang berprofesi sebagai pemburu. Suku terbesar adalah suku Baganda atau Buganda. Suku ini berhasil mendirikan sebuah kerajaan yang dipimpin oleh Kimera. Giovani Miani (seorang penjelajah dari Italia) adalah orang Eropa pertama yang menemukan Uganda pada tahun 1860.
Kemudian, para misionaris berdatangan. Pada tahun 1862 ditemukan situs Raja ke-30 dari Kerajaan Buganda yang ditengarai berkuasa pada abad ke-16. Pada abad ke-19, Uganda dikuasai oleh Inggris dan Mesir. Ketika itu Uganda menjadi salah satu provinsi Mesir bernama Equatoria. Penguasaan Equatoria oleh Mesir berakhir pada pemerintahan Emin Pasha pada tahun 1889 dan beralih ke tangan Inggris pada tahun 1890.
Perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan dari Inggris dimulai pada tahun 1945-1949, yaitu ketika ada kerusuhan kaum proletar di Buganda. Pada 1953, Raja Mutesa II (Kabaka) diasingkan ke Inggris dan dikembalikan ke Uganda pada tahun 1955. Akhirnya pada 9 Oktober 1962, Uganda memnperoleh kemerdekaan dari Inggris.
Presiden Uganda Yoweri Museveni saat ini tampil sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Presiden memberi tugas kepada Perdana Menteri Apolo Nsibambi untuk mengendalikan aids. Parlemen Nasional yang terdiri 303 anggota, sekitar 86 di antaranya memberikan dukungan untuk itu. Kaum wanita dan militer juga diperkenankan masuk di parlemen. Anggota sisanya dipilih untuk masa lima tahun dalam pemilu. Hanya 75% penduduk yang mengikuti pemilu.
Dalam rangka mengatasi kekerasan bermotif keagamaan, kegiatan partai-partai politik dibatasi mulai tahun 1986. Dalam sistem demokrasi tanpa partai yang dipelopori oleh Yoweri Museveni, partai politik masih ada tapi tidak boleh berkampanye pada pemilu atau langsung mencalonkan kandidat (walaupun kandidat itu bisa saja datang dari partai politik). Referendum tahun 2005 (bulan Juli) menghapus pembatasan politik multipartai yang telah berlangsung selama 19 tahun ini.
Selama beberapa dekade, ekonomi Uganda menderita dari kebijakan ekonomi yang merusak dan ketidakstabilan, meninggalkan Uganda sebagai salah satu negara termiskin di dunia. Negara ini telah memulai reformasi ekonomi dan pertumbuhan telah kuat.Pada tahun 2008, Uganda mencatat pertumbuhan 7% meskipun terjadi penurunan global dan ketidakstabilan regional.
Uganda memiliki sumber daya alam yang besar, termasuk tanah subur, curah hujan yang teratur, dan cukup besar mineral deposit dari tembaga dan kobalt . Negara ini memiliki cadangan sebagian besar belum dimanfaatkan baik minyak mentah dan gas alam . Sementara pertanian yang digunakan untuk menghitung 56% ekonomi pada tahun 1986, dengan kopi sebagai ekspor utama, kini telah dilampaui oleh sektor Services, yang dicatat untuk 52% dari persen PDB pada tahun 2007. Pada tahun 1950 rezim kolonial Inggris mendorong sekitar 500.000 petani subsisten untuk bergabung dengan koperasi. Sejak 1986, pemerintah (dengan dukungan negara-negara asing dan badan-badan internasional) telah bertindak untuk merehabilitasi ekonomi hancur selama rezim Idi Amin dan perang saudara berikutnya. Inflasi berlari pada 240% tahun 1987 dan 42% pada bulan Juni 1992, dan 5,1% pada tahun 2003.
Antara tahun 1990 dan 2001, ekonomi tumbuh karena investasi berlanjut di rehabilitasi infrastruktur, meningkatkan insentif untuk produksi dan ekspor, inflasi berkurang, secara bertahap meningkatkan keamanan domestik, dan kembalinya pengusaha India-Uganda diasingkan antara tahun 1990 dan 2001. berlangsung Uganda keterlibatan dalam perang di Republik Demokratik Kongo , korupsi di pemerintahan, dan selip in tekad pemerintah untuk menekan reformasi menimbulkan keraguan tentang kelanjutan pertumbuhan yang kuat.
10.  MAURITIUS
Republik Mauritius adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Hindia, sekitar 900 km sebelah timur Madagaskar. Selain Pulau Mauritius, negara ini juga mencakup Kepulauan Cargados Carajos, Rodrigues dan Kepulauan Agalega. Mauritius termasuk dalam Kepulauan Mascarene, beserta Pulau Reunion milik Perancis 200 km sebelah barat daya Mauritius.
Ibu kota Mauritius
Port Louis 
 - Luas Total 2,040km2(169)
- Air(%) 0,05%
Geografi
Bersama dengan Reunion dan Rodrigues, Mauritius merupakan bagian dari Kepulauan Mascarene. Kepulauan ini terbentuk oleh ledakan vulkanis bawah laut ketika Lempeng Afrika bergerak menuju titik panas (hotspot) Reunion. Mauritius dan Rodrigues terbentuk 8-10 juta tahun lalu. Kedua gunung itu tidak lagi aktif dan titik panas tersebut sekarang berdiam di bawah Reunion. Pulau Mauritius sendiri terbentuk di sekeliling plato tengah, dengan puncak tertinggi Piton de la Riviere Noire (828 m). Di sekeliling plato, krater yang asli masih dapat dibedakan dari gunung-gunung lainnya
Cuaca tropis di Mauritius dipengaruhi oleh angin dari arah tenggara; musim dingin dari Mei-November dan musim panas dari November-Mei. Angin siklon biasanya terjadi selama November-April.
Ibu kota dan juga kota terbesarnya adalah Port Louis di bagian barat laut. Kota-kota penting lainnya adalah Curepipe, Vacoas, Phoenix, Quatre Bornes, Rose-Hill dan Beau-Bassin.

Demografi

Dua bahasa resmi Mauritius adalah bahasa Inggris dan bahasa Perancis. Walaupun Perancis tidak lagi menguasai negara itu sejak 200 tahun lalu, bahasa Perancis masih sering dituturkan. Bahasa Kreol yang bersumber dari bahasa Perancis dengan pengaruh bahasa-bahasa Inggris, Portugis dan Hindi juga sering dituturkan oleh warga Mauritius. Bahasa Kreol tertulis telah berkembang sejak akhir 1960-an dan tidak mempunyai kemiripan dengan bahasa Perancis. Beberapa bahasa Asia Selatan seperti Hindi, Urdu dan Telugu juga dituturkan.
Bahasa Urdu digunakan oleh pekerja keturunan India yang dibawa ke sana oleh Britania Raya. Ras Indo-Mauritius mencakup sekitar 70% dari total penduduk. Populasi lainnya adalah ras Afrika, Prancis, Tionghoa atau ras campuran.
Mayoritas penduduk Mauritius beragama Hindu (50%), sedangkan yang lainnya Kristen (28%) dan Islam (17%).

Sejarah

Pulau Mauritius ditemukan oleh bangsa Portugal tahun 1505, dan pertama kali dijajah oleh Belanda tahun 1638. Belanda menamakannya "Mauritius" untuk mengenang Pangeran Maurice dari Nassau. Perancis menguasai pulau itu sepanjang abad ke-18 lalu menamakannya Ile de France. Mauritius kemudian dikuasai oleh Britania Raya tahun 1810 dan dikembalikan ke nama semula.
Kemerdekaan diraih tahun 1968 dengan pemerintahan republik yang masuk dalam kumpulan Persemakmuran tahun 1992. Mauritius merupakan negara demokrasi yang relatif stabil dengan pemilihan umum reguler dan catatan hak asasi manusia yang baik. Aliran investasi asing ke Mauritus yang cukup banyak menjadikannya salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di Afrika.

Politik

Kepala negara Mauritius adalah seorang Presiden dengan masa jabatan lima tahun yang dipilih dengan Majelis Nasional, parlemen unikameral Mauritius. Dari total 66 anggota parlemen, 62 orang dipilih melalui hasil suara terbanyak dan 4 lainnya dipilih untuk mewakili etnik minoritas, tergantung kepada hasil pemilu. Parlemen dipimpin oleh Perdana Menteri dan beberapa menteri.

Ekonomi

Selama kemerdekaan pada 1968, Mauritius telah berkembang dari ekonomi berbasis agraris yang pendapatannya rendah hingga menjadi ekonomi dengan pendapatan sedang yang bervariasi sektor pertumbuhannya seperti industri, finansial dan pariwisata. Pada kebanyakan periode, pertumbuhan tahunan mencapai 5%-6%. Oleh karena itu, perkiraan usia penduduk meningkat, tingkat kematian balita menurun dan infrastruktur membaik.
Gula tebu ditanam di 90% lahan pertanian dan ia mencakup 25% dari pendapatan ekspor. Namun pada 1999, suatu rekor kemarau merusakkan lahan tebu. Strategi pembangunan berpusat pada masuknya investasi asing. Mauritius telah menarik sedikitnya 9.000 bisnis offshore, kebanyakannya merupakan usaha di India dan Afrika Selatan. Investasi di sektor perbankan telah mencapai lebih dari US$ 1 miliar. Tingkat pengangguran mencapai level 7,6% pada 2004.

Budaya

Sejarah kolonial Mauritius yang beragam tercermin dalam kebudayaannya. Misalnya, masakan khas Mauritius merupakan campuran dari resep Belanda, Perancis, India dan Kreol.
Pada 1847, Mauritius menjadi negara kelima di dunia yang mengeluarkan perangko. Dua tipe perangko yang dikeluarkan waktu itu, yakni Red Penny dan Blue Penny, kemungkinan paling terkenal di dunia karena jarang ditemukan sehingga harganya mahal.
Ketika ditemukan, Pulau Mauritius merupakan habitat bagi spesies burung yang dulunya tidak diketahui. Bangsa Portugal menamakannya dodo (simpleton) karena dodo tidak kelihatan terlalu terang. Namun, pada akhir 1681, semua burung dodo telah dibunuh oleh penghuni pulau atau hewan peliharaan mereka. Burung dodo masih disuguhkan sebagai suporter lambang negara.

Ibu kota Mauritius
Port Louis 
 - Luas Total 2,040km2(169)
- Air(%) 0,05% 


Sumber :

Wikipedia.com. 2010. Afrika Timur. Diunduh tanggal 10 november 2010.
E-Misi.com.2006. Jeritan Tangis Di Afrika Timur. Diunduh tanggal 10 november 2010.
Multiply.com. 2008.Federasi Afrika Timur (Kemajuan Wilayah atau Ambisi Personal?). Diunduh tanggal 10 november 2010.
What Is Temporary Motorcycle Insurance and How to Get It What‘s Temporary Motorcycle Insurance? Sometimes insurance policies could be really expensive and whenever you already need to pay regular insurance for the car it may be a significant burden to need to pay insurance again for an additional vehicle as a motorcycle which you might not even use daily ever. You could be inside the situation in which you are about to provide or completely sell your motorcycle to a person else or you could be the one borrowing someone’s motorcycle for a fast trip. For the situations you need not obtain a full yearly insurance plan ; you will get temporary motorcycle insurance. You can get motorcycle insurance to last only for each day or for every week. It really depends in your needs. The important subject is you have insurance even when only for any short while. You could be out only for a fast trip and suddenly you will find yourself inside the worst of accidents. Without temporary motorcycle insurance you will be paying some huge cash upfront, to not mention the fine you will have using the traffic ticket the police will bill yourself on. There will be lots of different temporary insurances. Check out the listed examples below : Daily Motorcycle Insurance ; this really is perfect if you‘re only likely going to be out for any single day. Say you have to borrow your friend’s motorcycle and you are not included in a third-part insurance plan or you have not got one yourself. All you must do is get online, fill the forms and pay through credit or debit after which print the insurance papers yourself. This really is also perfect if you get just purchased a new motorcycle and you will know the ride from individual you bought from to your home is really a bit far and susceptible to accidents. You are able to never be too sure and a fast, someday insurance plan‘s perfect. Weekly Motorcycle Insurance ; this type of temporary motorcycle insurance is the greatest bet if you will go somewhere for vacation or you have errands from the state you reside in. Lots of people fail to get insurance for their bikes until they have to but the issue is that it could be really costly ; 1 week insurance plans is affordable and can cover your safety and also the costs for accidents regardless of to go. These are generally a little more flexible compared to the weekly plans and therefore are a little less expensive since you may be out for any longer time period. Racing Insurance ; separate coming from the someday insurance plan, this kind of temporary insurance is specifically designed for people who will certainly be on the bike out racing upon the tracks. Racing is basically dangerous and there will be numerous ways how somebody could get seriously hurt and also the bike could get completely ruined inside the span of one race. A racing insurance is available for people who want to obtain full coverage for any single day speeding upon the race tracks. How you can Get This Insurance – All you must do is log on online to the various insurance companies that provide temporary motorcycle insurance. The most typical requirements that they will ask individuals will be your driver’s license information and basic contact information. There is a quick verification process after which you are able to pay online employing a debit or charge card. Afterwards all you must do is print the page they email you and that could function your evidence of insurance just in case you ever get into an accident. It‘s that easy which quick to obtain insurance for any short time period. Why risk your daily life and savings when all it will take is less than fifteen minutes in front of the computer to print out an insurance intend to cover you to the day? Temporary motorcycle insurance is the greatest viable option when you are aware of you are not likely going to be utilizing your bike for a really long time. Whether you only bought it or you intend to sell it, a temporary plan for any single day or perhaps a week’s time is sufficient to ensure your safety. It‘s better to become safe than sorry and in fact now you will find the option to obtain it for any shorter time period for any much lesser cost. credit cards with cash back credit card reader credit card instant approval online apply credit card bad credit credit cards credit card selection online visa card pay with credit card credit card charges visa or mastercard credit card machine apply a credit card small business credit cards prepaid debit cards visa debit card mbna credit card credit card terminal card credit application credit card generator credit card balance credit card numbers credit card transfer credit card interest rates credit card interest gold card credit card online best rate credit cards credit card low interest visa card online online credit card how to aplly a credit card 0 interest credit cards debit card

0 Response to "Afrika Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel