Afrika Barat

AFRIKA BARAT
Afrika Barat adalah sebuah wilayah di bagian barat Afrika. Luas kawasan ini kurang lebih dari 6.140.000 km2 atau sekitar seperlima dari Afrika. Sebagian besar tanah ini adalah dataran berbaring kurang dari 300 meter di atas permukaan laut, meskipun poin tinggi terisolasi ada di berbagai negara di sepanjang pantai selatan wilayah tersebut. Secara geografis region Afrika Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah barat dan selatan, Gurun Sahara di utara, dan Gunung Kamerun hingga Danau Chad di timur.

Negara-negara yang termasuk dalam Afrika Barat adalah: Benin, Burkina Faso, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea Bissau, Liberia, Mali, Niger, Nigeria, Pantai Gading, Senegal, dan Sierra Leone.

Afrika barat berbentuk kompak dan utuh yang menggambarkan keterkaitan antara negara satu dengan negara lainnya. Kawasan ini wilayahnya membentang dari Senegal hingga perbatasan Chad dan Camerun merupakan bagian wilayah Afrika yang paling “padat” penduduknya dan terbagi atas tidak kurang dari 15 negara bekas jajahan berbagai bangsa Eropa. Di bagian utara wilayah ini terdapat zona peralihan batas pengaruh Islam yang meliputi Sahara Barat, Mauritania, Repubilk Mali, Niger, dan Chad. Kawasan yang yang jumlah penduduknya hampir sepertiga penduduk benua Afrika ini memiliki letak, faktor-faktor lingkungan alam (geologi, variasi iklim, mineral, dan tumbuhan) yang cukup menguntungkan hingga telah memungkinkan proses pengembangan wilayah dan penduduknya sejak masa sangat lampau. Bagian utara Afrika Barat terdiri dari daerah semi-kering dikenal sebagai Sahel, zona peralihan antara Sahara dan savana dari Sudan barat hutan membentuk sepertiga sabuk antara sabana dan pantai selatan, mulai dari 160 km 240 km lebar.

Arika Barat, jika salah satu termasuk bagian barat Maghreb ( Sahara Barat , Maroko , Aljazair , dan Tunisia ), menempati area lebih dari 6.140.000 km2 atau sekitar seperlima dari Afrika. Sebagian besar tanah ini adalah dataran berbaring kurang dari 300 meter di atas permukaan laut, meskipun poin tinggi terisolasi ada di berbagai negara di sepanjang pantai selatan wilayah tersebut. Bagian utara Afrika Barat terdiri dari daerah semi-kering dikenal sebagai Sahel , zona peralihan antara Sahara dan savana dari Sudan barat hutan membentuk sepertiga sabuk antara sabana dan pantai selatan, mulai dari 160 km 240 km lebar. Secara umum Afrika Barat menggambarkan zona ekologi yang berupa daerah pegunungan yang banyak hujan di bagian selatan (dekat ekuator) sedang dibagian utaranya merupakan daerah peralihan ke iklim gurun (kering) dengan banyak sungai mengalir ke pantai Teluk Guinea sementara Sungai Niger yang mengalir di bagian wilayah utara dan barat ke timur untuk kemudian ke selatan bermuara di pantai Teluk Guinea di Nigeria telah menopang kehidupan banyak penduduk di sejumlah yang dilewatinya serta menjadi pusat lalu lintas perdagangan dengan Eropa juga Asia. Keadaan lingkungan alam yang berpegunungan dan banyak hujan dekat pantai Teluk Guinea dengan bagian wilayah utaranya yang berbeda kondisi iklimnya telah secara alami memungkinkan berkembangnya interaksi wilayah utara-selatan dan Afrika Barat telah menjadikan persinggahan pertama pelayaran orang Eropa mencari daerah rempah-rempah abad 15. Dengan keadaan lingkungan alam yang menguntungkan berupa letaknya di tepi Teluk Guinea, topografi perbukitan dan pegunungan yang cukup hujan (dekat equator), banyak sungai kecil dan besar serta tanah yang cukup subur untuk pertanian dan perkebunan, maka Afrika Barat telah mengalami “pengkaplingan” yang sedemikian rupa sehingga region ini daerahnya cukup subur.

Karena dikawasan ini merupakan bekas jajahan bangsa Eropa seperti Prancis (France) dan Inggris (England) maka mayoritas bahasa yang digunakan yaitu bahasa Prancis (French) dan bahasa Inggris (English). Flora dan fauna di kawasan Afrika Barat yaitu hutan mangrove atau hutan bakau. Penduduknya sebagian besar terdiri atas ras Negroid atau bangsa Negro yang merupakan mayoritas di sub kawasan Afrika Barat, disamping itu banyak penduduk pendatang baik dari bangsa Eropa, Amerika, Asia serta Australia. Rata-rata mata pencaharian masyarakat yaitu sebagai petani.

Negara-negara yang terletak di kawasan kawasan Afrika Barat sebagai berikut :


No.


Negara

Luas
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
Mauritania
Mali
Niger
Nigeria
Dahomey (Benin)
Togo
Upper volta (Burkina)
Ghana
Pantai Gading
Liberia
Sierra Leone
Pantai Guinea
Guinea
Gambia
Senegal
Chad
1.25.220 km2
1.240.190 km2
1.267.000 km2
923.770 km2
112.622 km2
56.790 km2
274.540 km2
238.540 km2
322.460 km2
97.750 km2
71.740 km2
36.120 km2
245.860 km2
11.300 km2
196.720 km2
1.284.000 km2


A. Benin
Republik Benin dahulu bernama Dahomey, adalah sebuah negara di Afrika barat. Negara ini berbatasan dengan Togo di sebelah barat, Nigeria sebelah timur, dan Burkina Faso serta Niger di sebelah utara. Ibu kota Porto Novo, Cotonou. Penduduk: 7.813.946 jiwa (2009). Perbatasan darat: 1989 km (Nigeria 773 km; Togo 644 km; Burkina Faso 306 km; Niger 266km) Kota terbesar Cotonou. Bahasa resmi Perancis. Luas total 112.622 km2. Pemerintahan Demokrasi presidensial. Saat ini yang menjabat sebagai presiden adalah Yayi Boni. Kepadatan 66/km2. Mata uang Franc. Motto: Fraternité, Justice, Travail (Perancis: "Persaudaraan, Keadilan, Karya") Lagu kebangsaan: L'Aube Nouvelle. Benin terbagi atas 12 departemen:Alibori, Atacora, Atlantique, Borgou, Collines, Donga, Couffo, Littoral, Mono, Ouémé, Plateaux, Zou.

Iklimnya tropis, panas dan kering bersama dengan keadaan musiman das geografi di seluruh negeri, musimnya jelas dan silih berganti.Terbentang 900 hingga 1300 mm air, kawasan yang banyak mendapat hujan ada di sudut tenggara, Cotonou hingga Porto Novo, antara Atacora-Natitingou dan Djougou, kawasan Dassa dan Ndali di utara Parakou. Curah hujan maksimum ada di selatan (iklim ekuator), pada pertengahan Maret hingga Juli, dan dan curah hujan menurun pada November/Desember. Angin musim, berhembus dari April hingga November, di tenggara. Harmattan yang kering berhembus ke arah sebaliknya dari angin musim, November hingga Mei, menghasilkan debu warna jingga. Tingkat kelembaban, selalu besar, berada antara 65 dan 95%. Suhu rata-rata meliputi 22 dan 34 °C, panas di bulan April dan Mei (tepat setelah harmattan berhembus selama 6 bulan, sesudah angin musim yang membawa hujan).

Bentuk keseluruhan negeri ini dibatasi sungai Niger di utara dan dataran pesisir di selatan, di bagian timur sedikit tak datar. Bagian utara negeri ini terutama tersusun atas sabana dan pegunungan setengah gersang. Titik tertingginya ialah Gunung Sagboroa setinggi 658 m. Selatan negeri ini terdiri atas sebuah dataran pantai berawa yang menyebar, danau dan laguna seperti danau Nohoué atau laguna di Porto Novo. Sebagian besar penduduknya bertempat tinggal di pesisir pantai, di mana sebagian kota besar di Benin terpusat, khususnya Porto Novo dan Cotonou. Negeri ini terletak di zona antartropis, iklimnya kering dan lembab, dibandingkan dengan hujan, yang terjadi 10 kali (April hingga Juli dan September hingga November).

Benin tersusun atas 40 etnis yang berbeda, yang paling banyak ialah etnis Fon yang berjumlah 49% dari penduduk Benin. Etnis lainnya antara lain Adja, Yoruba, Somba, dan Bariba. Kebanyakan etnis itu memiliki bahasa sendiri, meskipun bahasa Prancis, yang merupakan bahasa resmi, dituturkan di banyak kota. Bahasa asli lainnya ialah bahasa Fon dan Yoruba yang cukup banyak penuturnya. Orang-orang Benin kebanyakan memeluk Voodoo, agama anisme lokal, yang pusatnya ada di kota Ouidah. Selain itu terdapat juga Kristen (Katolik) dan Islam.

Ekonomi Benin tetap tak berkembang dan bergantung pada pertanian penyambung hidup, produksi kapas, dan perdagangan regional. Rata-rata perkembangan dalam output sesungguhnya stabil 5% dalam 6 tahun terakhir, namun penduduk yang cepat berkembang telah mengimbangi perkembangan ini.


B. Burkina Faso
Burkina Faso adalah sebuah negara di Afrika Barat yang terkurung daratan (landlocked). Negara ini berbatasan dengan Mali di sebelah utara; Togo dan Ghana di selatan; Niger di timur, Benin di tenggara; dan Pantai Gading di barat daya. Dahulu bernama Volta Hulu, Presiden Thomas Sankara mengganti nama negara ini menjadi 'Burkina Faso' (dalam bahasa Dioula dan More: "Negara Orang Jujur"). Ibu kota Burkina Faso adalah Ouagadougou. Burkina Faso terbagi atas 45 provinsi dan 13 daerah administratif. Luas wilayah 274.540 km2. Kepadatan 44jiwa/km². Perbatasan darat : 3.192 km (Mali 1.000 km ; Niger 628 km ; Pantai Gading 584 km ; Ghana 548 km ; Benin 306 km ; Togo 126 km) Penduduk : 13.350.000 jiwa (2009). Motto: Unité, Progrès, Justice (Perancis: "Persatuan, Kemajuan, Keadilan") Lagu kebangsaan: Une Seule Nuit. Bahasa resmi Perancis. Pemerintahannya berbentuk Sistem Parlemen. Presidennya Blaise Compaore. Kepadatan penduduk 51/km2. Konstitusi pada 2 Juni 1991, diambil dari referendum, mendirikan rezim semipresidensial yang terbuka terhadap sistem multipartai :

  • Presiden, terpilih di antara rakyat selama 5 tahun hingga menjabat lagi untuk kedua kalinya. Ia tidak bisa menjabat sekali lagi.
  • Parlemen bikameral, terdiri atas 2 kamar : MPR dan DPR. MPR tidak bisa dibubarkan presiden. Burkina Faso terdiri atas 2 sisi utama: 
  • Sebagian besar negeri ini diliputi peneplain yang membentuk pemandangan berombak-ombak yang di beberapa tempat dengan perbukitan yang sedikit terisolasi, sisa massif pra-Kambrium. 
  • Tenggara negeri ini membentuk masif batuan pasir, di mana puncak tertingginya ditemukan: Ténakourou (749 m, 2.450 kaki). Masif itu dibatasi oleh tebing terjal yang tingginya 150 meter (490 kaki).

Ketinggian rata-rata adalah 400 meter (1.300 kaki) dan perbedaan antara daratan yang lebih tinggi dengan lebih rendah tak lebih dari 600 meter (2.000 kaki). Burkina Faso adalah negara yang relatif datar, dengan pengecualian di beberapa tempat. Lembah Sungai Niger juga mengaliri 27% permukaan negeri ini. Anak-anak sungainya (Beli, Gorouol, Goudébo, dan Dargol) adalah aliran musiman, dan hanya mengalir selama 4 hingga 6 bulan setahun namun bisa menyebabkan banjir bandang. Negeri ini juga memiliki sejumlah danau. Danau-danau yang utama adalah Tingrela, Bam dan Dem, dan kolam besar seperti Oursi, Béli, Yomboli dan Markoye. Kurangnya air sering menjadi masalah, khususnya di bagian utara negeri ini.

Burkina Faso adalah salah satu negara termiskin di dunia. Keadaan itu nampak jelas melalui pertumbuhan penduduk dan ketandusan tanah. Akibatnya, pertanian menyumbangkan 32% PDB dan mencakup 80% penduduk aktif. Sebagian besar terdiri atas peternakan namun juga, khususnya di selatan dan barat daya, mengembangkan sorghoum, de millet, jagung, kacang, padi, dan kapas. Ekonominya bertahan sebisanya hingga jatuhnya aliran pengangkutan kapas ke seluruh dunia, barang ekspor utama. Di negeri ada pula eksploitasi mineral: tembaga, besi dan khususnya emas. Burkina Faso adalah anggota Persatuan Ekonomi dan Moneter Afrika Barat dan Otoritas Liptako-Gourma.

C. Gambia
Republik Gambia adalah sebuah negara di Afrika Barat. Wilayah negara terkecil di Afrika daratan ini tergolong unik karena apabila negara Senegal dianggap mulut, maka Gambia adalah lidahnya. Gambia hanya berbatasan dengan Senegal di sebelah utara, timur dan selatan. Sungai Gambia membentang di bagian tengah Gambia dan mengalir ke Samudra Atlantik di sebelah barat dan menurut garisnya itu pula batas Gambia terbentuk dari tengahnya ke Samudra Atlantik. Negara berukuran 11.300 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 1.641.564 (2009) orang ini beribukota Banjul, tetapi konurbasi yang terbesar tetap Serrekunda. Bahasa resmi Inggris . Pemerintahan Republik dengan Presiden Alhaji Yahya Jammeh. Kepadatan 140/km2. Motto: Progress, Peace, Prosperity (Inggris: "Kemajuan, Perdamaian, Kemakmuran") Lagu kebangsaan: For The Gambia Our Homeland.

Pada tanggal 18 Februari 1965, Gambia diberi kemerdekaan oleh Britania Raya lalu menyertai Persemakmuran. Gambia menerima asal sejarah yang sama dengan banyak negara Afrika barat, dengan perdagangan budak merupakan faktor utama dalam pendirian sebuah koloni di Sungai Gambia, mula-mula oleh bangsa Portugis dan kemudian oleh Britania. Sejak mencapai kemerdekaan, Gambia mengalami masa stabil, kecuali di masa kediktatoran militer yang singkat pada 1994. Pertanian di Gambia mengikuti sistem cocok tanam tradisional dengan hanya mengandalkan kacang tanah sebagai komoditas utamanya. Gambia ialah negara yang kaya dengan pertanian, dengan ekonominya dikuasai oleh peladangan dan penternakan, perikanan, serta pelancongan. Sayangnya, hampir sepertiga jumlah penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan antarabangsa sebanyak AS$1.25 sehari.

D. Ghana
Republik Ghana adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Pantai Gading di sebelah barat, Burkina Faso di utara, Togo di timur, dan Teluk Nugini di selatan. Luas wilayahnya hampir dua kali luas pulau Jawa. Ghana merupakan salah satu negara penghasil cokelat terbesar di dunia di samping penghasil alumunium terbesar di Afrika. Ibukota Accra. Pemerintahan Republik Presiden John Atta Mills. Wakil Presiden John Dramani Mahama. Luas Total 274.540 km2 . Penduduk 21.456.901 jiwa (2009) Kepadatan 87/km2.Motto: Free domand Justice (Inggris: "Kebebasan dan Keadilan") Lagu kebangsaan: Hail the Name of Ghana.

Secara geografis, Ghana kuno terletak kira-kira 500 mil dari utara Ghana kini, dan menduduki kawasan antara Sungai Senegal dan Nigeria. Sebagian penduduk Ghana modern adalah keturunan dari nenek moyang yang berhubungan dengan Ghana zaman pertengahan. Hal tersebut dapat dilacak hingga bangsa Mande dan Volta di Ghana Utara—Mamprussi, Dagomba dan Gonja. Ghana terletak di Teluk Guinea, hanya beberapa derajat utara Equator. Garis pantainya kebanyakan rendah, berpasir dengan tanah datar dan dipotong oleh beberapa sungai.Iklimnya adalah tropis. Danau Volta, danau buatan-manusia terbesar di dunia, terletak di timur Ghana.Ibu kotanya adalah Accra. Ghana terbagi atas 10 kawasan administratif, dan dibagi lagi atas 138 distrik. Kawasan tersebut adalah:




  Partai politik dilegalkan pada pertengahan tahun 1992 setelah kekosongan 10 tahun. Banyak partai politik di masa Republik Keempat; namun yang terbesar adalah Kongres Demokrasi Nasional yang memenangkan pemilu presiden dan parlemen pada tahun 1992, 1996 dan 2008; Partai Patriotik Baru adalah partai oposisi utama yang memenangkan pemilu tahun 2000 dan 2004; Konvensi Nasional Rakyat, dan Partai Rakyat Konvensi adalah penerus partai Nkrumah yang bernama sama. Banyak diplomat dan politikus Ghana yang memegang jabatan penting dalam organisasi internasional. Contohnya adalah diplomat dan mantan SekJend. PBB, Kofi Annan, hakim Pengadilan Kriminal Internasional Akua Kuenyehia, dan mantan presiden Jerry Rawlings, yang diangkat sebagai ketua Masyarakat Ekonomi Negara Afrika Barat.

Diberkati dengan kekayaan alam yang melimpah, Ghana memiliki produksi dua kali per kapita di antara negara miskin di Afrika Barat. Meski demikian, Ghana tetap agak bergantung pada perdagangan dan bantuan luar negeri juga aktivitas investasi dari penduduk Ghana yang bekerja di luar negeri. Sekitar 28% penduduk tinggal di bawah garis kemiskinan internasional (US$1,25 sehari), mayoritas adalah wanita Ghana dari kawasan utara dan hulu yang miskin dan secara politis terpinggirkan dan menurut Bank Dunia, pendapatan per kapita Ghana telah meningkat 2 kali lipat selama 45 tahun. Ghana yang dikenal akan emasnya sejak masa penjajahan tetap menjadi salah satu produsen emas teratas dunia. Ekspor lain seperti biji cokelat, kayu, listrik, berlian, bauksit, dan mangan adalah sumber utama pertukaran asing yang dipantau, dijalankan, dan dikelola oleh Cabang Pertanian Kementerian Kepresidenan Republik Ghana yang dikepalai Ny. Antoinette Efua-Addo. Ladang minyak yang dilaporkan mengandung lebih dari 3 m³ minyak ringan ditemukan pada tahun 2007. Eksplorasi minyak terus berlanjut dan jumlah minyak terus bertambah. Diharapkan, arus masuk modal yang besar terjadi dari caturwulan terakhir di tahun 2010 ketika negeri ini mulai memproduksi minyak dalam jumlah komersial. Bendungan Akosombo yang dibangun di sungai Volta pada tahun 1965 menjadi sumber tenaga listrik bagi Ghana dan negara sekitarnya.

Angkatan kerja Ghana pada tahun 2008 berjumlah 11,5 juta jiwa. Ekonomi terus pulih berkat pertanian yang terhitung 37,3% PDB dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi 56% angkatan kerja, terutama pemilik lahan kecil. Bidang produksi hanya menjadi bagian kecil ekonomi Ghana yang berjumlah 7,9% PDB pada tahun 2007. Meskipun demikian, Ghana tetap menjadi salah satu negara yang secara ekonomi lebih kuat di seantero Afrika.

Pariwisata menjadi sektor yang berkembang pesat, khususnya di antara orang Eropa, Amerika, dan bangsa lain yang terkait dengan diaspora Ghana di seluruh dunia. Kestabilan politik dan ekonomi Ghana, tingkat kejahatan yang rendah, dan penggunaan bahasa Inggris yang meluas membuat negeri ini menjadi pintu masuk yang menarik ke Afrika Barat bagi orang asing. Situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Ghana termasuk Kastil Cape Coast dan Elmina, taman nasional seperti Taman Nasional Kakum dan Mole, juga peringatan budaya seperti Panafest menjadi pusat kegiatan wisata utama.

Suku di Ghana adalah Akan (yang termasuk Fante, Akyem, Ashanti, Kwahu, Akuapem, Nzema, Bono, Akwamu, Ahanta dan lainnya) 49,3%; Mole-Dagbon 15,2%; Ewe 11,7%; Ga-Dangme (terdiri atas Ga, Adangbe, Ada, Krobo dan sebagaianya) 7,3%; Guan 4%; Gurma 3,6%; Gurunsi 2,6%; Mande-Busanga 1%; suku lainnya 1.4%, other (Hausa, Zabarema, Fulani) 1,8% (sensus 2000). Menurut CIA World Factbook, pembagian agama di Ghana adalah sebagai berikut: Kristen 68,8%; Islam 15,9%; kepercayaan tradisional Afrika 8,5%. Sampai tahun 2009, harapan hidup saat kelahiran berkisar 59 tahun untuk pria dan 60 tahun untuk wanita dengan kematian bayi berjumlah 51 per 1000 kelahiran hidup. Tingkat kelahiran berkisar 4 anak yang terlahir perwanita. Ada sekitar 15 dokter dan 93 perawat per 100.000 orang 4.5% of the country's GDP was spent on health in 2003.

Ghana memiliki 47 bahasa daerah. Inggris adalah bahasa resmi negara serta mendominasi pemerintahan dan urusan bisnis, serta pendidikan. Bahasa asli Ghana terbagi atas 2 subrumpun linguistik dari rumpun bahasa Niger-Kongo. Bahasa yang berasal dari subrumpun Kwa banyak ditemukan di selatan sungai Volta, sementara yang berasal dari subrumpun Gur banyak ditemukan di utara. Rumpun Kwa, yang dituturkan sekitar 75% penduduk negeri, termasuk Akan, Ga-Dangme, dan Ewe. Rumpun Gur termasuk Gurma, Grusi, dan Dagbani. 9 bahasa memiliki status didukung pemerintah: Akan, khususnya Ashanti Twi, Fanti, Akuapem Twi, Akyem, Kwahu, Nzema; Dagaare/Wale, Dagbani, Dangme, Ewe, Ga, Gonja dan Kasem. Walau bukan bahasa resmi, Hausa adalah lingua-franca yang dituturkan oleh Muslimin Ghana, yang berjumlah sekitar 16% penduduk. Menurut CIA World Factbook, agama-agama yang ada di Ghana adalah Kristen 68,8%; Muslim 15,9%; kepercayaan tradisional Afrika 8,5%.

Tokoh-tokoh dari Ghana:
  • Abedi Pele, pemain sepak bola legendaris.
  • Azumah Nelson, juara dunia tinju kelas super bulu WBC. 
  • Ike Quartey, juara dunia tinju kelas welter WBA. 
  • Kwame Nkrumah, Perdana Menteri I Ghana, Pejuang Kemerdekaan Ghana 
E. Guinea
Secara resmi disebut Republik Guinea,bahasa Perancis République de Guinée), adalah sebuah negara di Afrika Barat. Sebelumnya diketahui sebagai Guinea Prancis (bahasa Inggris: French Guinea), sekarang negeri ini kadang-kadang disebut Guinea-Conakry untuk membedakannya dengan tetangganya, Guinea-Bissau. Ibukota, pusat pemerintahan, dan kota terbesarnya adalah Conakry. Guinea memiliki luas 246.000 km2. Bentuknya seperti bulan sabit, dan batas barat dan selatannya adalah Samudera Atlantik. Guinea bertetanggaan dengan Sierra Leone, Liberia, dan Pantai Gading. Sungai Niger bermulai di Guinea dan terus hingga ke arah timur.

Guinea memiliki 24 suku etnis. Yang paling dominan adalah suku-suku Fula, Mandinka, dan Susu. Jumlah penduduknya dari data tahun 2009 totalnya 9.467.866 dan memiliki kepadatan penduduk 40.4/km2. Sebelumnya merupakan jajahan Perancis yang merdeka pada tanggal 2 oktober 1958.Bahasa resmi adalah bahasa perancis, fula, bahasa arab. Dengan ibu kota Conakry. Dangan kepala negara seorang presiden yang bernama Moussa Dadis Camara, dan kepala pemerintahan adalah perdana menteri yang bernama Kabinet Komara.

F. Guinea Bissau
Republik Guinea-Bissau adalah sebuah negara kecil di tonjolan barat benua Afrika. Negara ini memiliki lebih dari 25 gugusan kepulauan. Luas daerahnya sebanding dengan luas Provinsi Kalimantan Selatan. Negara tetangganya adalah Senegal di bagian utara dan di bagian barat. Bahasa resmi Purtugis dengan idu kota Bissau dan kepala negaranya seorang presiden yang bernama Malam Bacai Sanha dibantu oleh perdana menteri Carlos Gomes Junior, memiliki wilayah urutan ke- 133 dunia dari tital wilayahnya 36.120 km2. Motto: The love of liberty brought us here (Inggris: "Cinta akan kebebasan membawa kita ke mari") Lagu kebangsaan: All Hail, Liberia, Hail.

Jumlah penduduk urutan ke- 147 dunia dengan total penduduk 1.442.029 (2009) dengan kepadatan penduduk 48 km2 . Kemerdekaan dideklarasikan tanggal 24 September 1973 tetapi heri kemerdekaannya lebih dikenal pada tanggal 10 September 1974 merdeka dari jajahan Portugal. Mata uangnya Franc CFA. Lagu kebangsaan Esta é a Nossa Pátria Bem Amada.

G. Mali
Republik Mali (bahasa Perancis: République du Mali) adalah sebuah negara yang terkurung daratan (landlocked) di Afrika Barat, sebelumnya merupakan jajahan Perancis. Negara terbesar kedua di Afrika Barat ini berbatasan dengan Aljazair di sebelah utara, Niger di timur, Burkina Faso dan Pantai Gading di selatan, Guinea di barat daya, serta Mauritania di barat. Perbatasannya di sebelah utara memanjang ke tengah gurun Sahara. Mayoritas penduduknya tinggal di wilayah selatan, di mana terdapat Sungai Niger dan Senegal. Negara yang dahulunya bernama Sudan Perancis ini mengambil namanya dari Kekaisaran MaliLagu kebangsaan: Pour l'Afrique et pour toi. Motto: Un Peuple, Un But, Une Foi

(Perancis: "Satu Rakyat, Satu Tujuan, Satu Kepercayaan"). Ibukota Mali adalah Bamako. Dengan bahasa resmi bahasa Perancis. Pemerintahan Republik parlementer. Presiden Amadou Toumani Toure. Luas total negara ini 1.240.190 km2 . Perkiraan jumlah penduduk 2009 yaitu 11.916.829 jiwa.

Daftar region dan distrik di Mali adalah sebagai berikut:
  • Gao 
  • Kayes 
  • Kidal 
  • Koulikoro 
  • Mopti 
  • Ségou 
  • Sikasso 
  • Tombouctou (Timbuktu) 


H. Liberia

Republik Liberia adalah sebuah negara di pesisir barat Afrika yang berbatasan dengan Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading. Baru-baru ini Liberia dilanda dua perang saudara (1989–1996 dan 1999–2003) yang mengakibatkan ratusan ribu penduduknya mengungsi sekaligus menghancurkan ekonomi Liberia. Ibu kotanya di Monrovia. Bahasa resmi adalah bahasa inggris. Bentuk pemerintahan yaitu republik. Presiden Ellen Johnson Sirleaf. Luas total 322.460 km2 . jumlah penduduk tahun 2008 yaitu 3.482.211 jiwa. Kepadatan 31/km2.

Ekonomi Liberia sangat bergantung kepada ekspor bijih besi. Sebelum 1990 Liberia juga mengekspor karet. Perang saudara yang panjang telah menghancurkan banyak infrastruktur negara, dan Liberia sangat tergantung kepada bantuan luar negeri. Pada 2005 negara ini memiliki tingkat pengangguran 85%, terburuk di dunia.

I. Niger
Republik Niger adalah sebuah negara yang terkurung oleh daratan (landlocked) di bagian barat Afrika. Niger berbatasan dengan Nigeria dan Benin di sebelah selatan; Mali di barat; Aljazair dan Libya di utara; dan Chad di sebelah timur. Nama negara ini diambil dari Sungai Niger. Ibu kotanya ialah Niamey. Bahasa resminya Perancis. Bentuk pemerintahan Republik. Presiden Salou Djibo. Luas totalnya 1.267.000 km2. Motto: Fraternité, Travail, Progrès (Perancis: "Persaudaraan, Kerja, Kemajuan"). Lagu kebangsaan: La Nigerienne. Penduduk 11.665.937 jiwa dengan Kepadatan 9/km2 .

J. Nigeria
Nigeria adalah sebuah negara di daerah Barat Afrika dan dikelilingi oleh Niger di utara, Kamerun di Timur, Benin di Barat, dan Chad di sebelah timur laut yang meraih kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1960. Letak Astronomis : 40 LU – 130 LU dan 30 BT – 140 BT. Ibukota : Lagos. Bentuk negara : Republik Federal. Bahasa Nasional : Inggris dan Obafemi Awolowo, Nnamdi Azikiwe, dan Abubakar Tafawa Bolewa. Jumlah Penduduk 166.635.626 (tahun 2009). Agama : Islam (47%), Kristen (34%), dan animisme (19%). Mata uang : Naira. Lagu kebangsaan : Nigeria We Have Thee. Tanggal bersejarah : 01 Oktober 1938 (hari kemerdekaan). Luas : 924.630 km2.

Namun, dalam aplikasinya ternyata tidak semudah seperti apa yang ada dalam bayangan. Banyak kemudian permasalahan yang timbul pasca kemerdekaan baik yang sudah berakar sejak zaman kolonialisasi maupun yang baru muncul pada masa pemerintahan Nigeria yang telah merdeka. Beberapa permasalahan yang timbul pasca kemerdekaan Nigeria di bagi dalam tiga bidang besar, yakni Ekonomi, Politik, dan Sosial. Ketiga bidang ini adalah bidang inti yang kemudian berdampak pada sektor lain dalam interaksi politik, ekonomi, dan social Nigeria baik domestic negara maupun dalam melakukan hubungan dengan negara lain.

Di Nigeria terdapat lebih dari 200 suku bangsa. Kelompok yang paling besar adalah suku Hausa, Yoruba, Ibo, dan Fulani. Suku bangsa : Yoruba (18%), Ibo (18%), Hause Fulani (32%), dan 250 suku lainnya (32%) Selebihnya, terdapat kelompok suku yang lebih kecil, seperti Ibibio, kanuri, edo, tiv, Ijaw, baru, dan nupe. Kelompok etnis kecil banyak terpusat di tengah Nigeria. Nigeria terletak pada titik temu arus migrasi transcontinental dari utara ke selatan, barat ke timur, dan tenggara ke barat laut. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan suku bangsa dan budaya yang sangat mencolok. Setiap suku memiliki bahasa, tradisi, dan adat istiadat yang berbeda-beda. Sampai sekarang tradisi dan adat istiadat di daerah pedalaman masih ada.

Kegiatan Negara Nigeria meliputi pertanian, perternakan, hutan, perikanan, pertambangan yaitu :
  1. Pertanian Di Nigeria tulang punggung utama perekonomiannya adalah hasil produksi pertanian dan minyak bumi. Lebih kurang 60% penduduknya, bergerak di sector pertanian itu coklat, minyak kelapa sawit, kapas, dan karet. Hasil pertanian ini merupakan komoditas ekspor utama selain minyak mentah. 
  2. Perternakan Sector perternakan juga cukup baik dalam menopang perekonomian Nigeria. Hewan yang di pelihara adalah kuda, sapi, kambing, domba. 
  3. Hutan Kawasan hutan meliputi 40% dari luas daerah Nigeria. Produksi hutan Nigeria banyak menurun karena adanya perusakan hutan untuk lahan pertanian. 
  4. Pertanian. Kebutuhan ikan dalam Negara belum terpenuhi. Dalam kawasan perikanan utama adalah danau Chad dan daerah pantai. Kebutuhan kan ikan masih harus di penuhi dengan cara mengimpor dari luar negeri. 
  5. Pertambangan. Daerah Nigeria banyak mengandung berbagai bahan mineral seperti minyak bumi, gas alam, timah, kolumbit, biji besi, dan batu bara.

K. Sierra Leone
Republik Sierra Leone, adalah sebuah negara di Afrika Barat. Hal ini berbatasan dengan Guinea di utara dan timur, Liberia di tenggara, dan Samudra Atlantik di sebelah barat dan barat daya. Sierra Leone meliputi luas 97.750 km2 dan memiliki populasi yang diperkirakan sebesar 6,5 juta. Ini adalah bekas koloni Inggris dan sekarang menjadi republik konstitusional yang terdiri dari tiga provinsi dan Kawasan Barat yang dibagi lagi menjadi empat belas distrik . Suku bangsa Sierra Leone adalah Mende, Temne, Limba, Kono, Mandingo, Krio, Fula, Kuranko.

Negara ini memiliki iklim tropis dengan lingkungan yang beragam mulai dari padang rumput ke hutan. Freetown adalah ibu kota terbesar dan pusat ekonomi. Kota-kota besar lainnya yang Bo , Kenema , Koidu Kota dan Makeni . Bahasa Inggris adalah bahasa resmi,diucapkan di sekolah, administrasi pemerintah dan oleh media. Mende adalah bahasa lisan utama di selatan, dan Temne adalah bahasa lisan utama di utara. bahasa Krio (a Creole berasal dari bahasa Inggris dan beberapa bahasa Afrika dan pribumi ke Sierra Leone orang Krio ) adalah bahasa lisan utama dari sekitar 10% dari populasi tapi dipahami oleh 95%.Meskipun penggunaan umum di seluruh negeri, bahasa Krio tidak memiliki status resmi. Negara ini telah mengandalkan pertambangan, terutama berlian, untuk dasar ekonomi, itu adalah di antara berlian 10 besar negara-negara produsen di dunia, dan ekspor mineral tetap mata uang asing pencari nafkah utama.. Sierra Leone adalah juga salah satu produsen terbesar titanium dan bauksit , dan produsen utama emas .

Pusat negara merupakan wilayah dataran rendah dataran , mengandung hutan , semak dan lahan pertanian yang menempati sekitar 43% dari wilayah daratan Sierra Leone.. Bagian utara ini telah dikategorikan oleh World Wildlife Fund sebagai bagian dari hutan-savana mosaik Guinea ekoregion , sementara selatan adalah dataran-hutan hujan dan lahan pertanian.b Di sebelah barat Sierra Leone memiliki beberapa km 400 (249 mil) dari Atlantik garis pantai , memberikan baik sumber daya kelautan yang melimpah dan menarik wisatawan potensial. pantai ini memiliki wilayah dataran rendah Guinea mangrove rawa. terletak di sebelah Sierra Leone Harbor.

Iklim yang tropis dengan dua musim menentukan siklus pertanian yaitu musim hujan dari Mei hingga November, dan musim kemarau dari Desember hingga Mei, yang meliputi harmattan , ketika dingin, kering angin berhembus dari Gurun Sahara dan malam waktu suhu bisa serendah 16 ° C (60,8 ° F ). Suhu rata-rata adalah 26 ° C (78,8 ° F) dan bervariasi dari sekitar 26 ° C (78,8 ° F) sampai 36 ° C (96,8 ° F) selama tahun berjalan.


L. Togo
Togo adalah sebuah negara kecil Afrika Barat. Hal ini berbatasan dengan Teluk Benin di selatan, Ghana terletak di sebelah barat, Benin di sebelah timur dan ke utara Togo terikat oleh Burkina Faso. Luas tanah 56.790 km2 dengan kepadatan penduduk rata-rata 253 orang per mil persegi (98/km ²). Pada tahun 1914 itu berubah dari Togoland ke Togo.

Di utara tanah ditandai dengan lembut bergulir savana kontras dengan pusat negara, yang dicirikan oleh perbukitan. Selatan Togo dicirikan oleh dataran tinggi dan hutan savana yang mencapai ke dataran pantai dengan laguna yang luas dan rawa-rawa. Iklim umumnya tropis dengan suhu rata-rata berkisar antara 27,5 ° C (81,5 ° F) di pantai sampai sekitar 30 ° C (86 ° F) di wilayah utara, dengan iklim kering dan karakteristik savana tropis . Untuk selatan terdapat dua musim hujan (yang pertama antara bulan April dan Juli dan yang kedua antara (September dan November), meskipun hujan rata-rata tidak terlalu tinggi.

Togo adalah negara terbesar 107 oleh penduduk. Sebagian besar penduduk (65%) tinggal di desa-desa yang didedikasikan untuk pertanian atau padang rumput. Populasi Togo menunjukkan pertumbuhan yang kuat: dari 1961 (tahun setelah kemerdekaan). Di Togo ada sekitar 40 kelompok etnis yang berbeda yang paling banyak yang merupakan Ewe di selatan (46%) (Meskipun di sepanjang pantai selatan mereka menyumbang 21% dari populasi). Kotokoli dan Tchamba di pusat Kabyé di utara (22%). Klasifikasi lain daftar Uaci atau Ouatchis (14%) sebagai kelompok etnis yang terpisah dari Ewe yang membawa proporsi Ewe turun ke (32%). Pembagian antara Ewes dan Ouatchis pertama kali dibuat oleh pemerintah Perancis pada tahun 1955. Sebaliknya, para Ouatchi istilah berhubungan dengan sub kelompok

M. Pantai Gading
Pantai Gading adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Liberia, Guinea, Mali, Burkina Faso, dan Ghana di sebelah barat, utara dan timur serta dengan Teluk Guinea di sebelah selatan. Sebagai salah satu negara termakmur di wilayah tropis Afrika Barat, perkembangan ekonominya telah dikikis oleh kekacauan politik yang ditimbulkan oleh korupsi dan penolakan reformasi. Dengan luas wilayah 238.540 km2 sedikit lebih luas dari New Mexico, Amerika Serikat, beriklim tropic dan kering, mempunyai tiga musim, yaitu hangat kering (Nopember-Maret), panas kering (Maret-Mei) dan panas hujan (Juni-Oktober). Dihuni sekitar 17.327.724 orang, terdiri dari suku asli Afrika 97% (Akan 42%, Gur/Voltaiques 17%, Mende 27%, Krous 11%, lain-lain 3%), dengan pertumbuhan rata-rata 2,11% per-tahun, angka kelahiran 39,64 per-1000, angka kematian 18,48 per-1000. Agama Islam dianut sekitrar 40%, Kristen 30% dan penganut kepercayaan 30%.

Nama negara ini sering diterjemahkan dalam berbagai bahasa, misalnya Ivory Coast dalam bahasa Inggris, Elfenbeinküste dalam bahasa Jerman dan Costa de Marfil dalam bahasa Spanyol. Pada bulan Oktober 1985 pemerintah memohon agar negara ini disebut demikian dalam semua bahasa. Menurut hukum nasional nama negara ini tidak boleh diterjemahkan dari bahasa Perancis. Sudah tentu, hukum itu hanya berlaku di dalam negara itu sendiri.

Pantai Gading adalah produsen dan eksportir terbesar kopi, coklat dan minyak nabati. Konsekwensinya beresiko ekonomi tinggi, yaitu sering terimbas fluktuasi harga internasional. Walaupun pemerintah Pantai Gading berusaha mendiversifikasi ekonominya, namun mereka ternyata masih tetap menggantungkan ekonominya pada ketiga produksi pertanian tersebut, yang menurut statistik, mendayagunakan tidak kurang 68% penduduk. Pada tahun 1994, ekonomi Pantai Gading agak membaik, ketika mereka mendevaluasi mata uang CFA Frank sebesar 50%, juga melakukan upaya lain yaitu mengimprovisasi harga kopi dan coklat, memacu eksport hasil pertanian non-tradisional seperti karet dan nenas, serta meliberalisasi perbankan. Mempunyai angka pertumbuhan rata-rata minus 1,9% dan inflasi berkisar 3,4%.

Pantai Gading termasuk negara yang labil dalam pengembangan perekonomiannya. Jumlah angkatan kerja sebanyak 6,64 juta orang, yang diserap oleh sector pertanian sebanyak 68% serta industri dan jasa 32%. Hasil pertanian berkisar pada kopi, coklat, minyak nabati, pisang, jagung, beras., tapioca, kentang, gula, kapas, karet dan kayu. Sedangkan hasil industri berkisar pada bahan makanan, minuman, produk kayu, penyulingan minyak, assembling trul dan bis, tekstil, dan listrik. Hasil komoditi yang dieksport adalah coklat, kopi, kayu, gas, kapas, pisang, minyak nabati, dan ikan. Tujuan eksport adalah Perancis, Belanda, Amerika Serikat dan Spanyol. Sedangkan komoditi yang diimport adalah bahan bakar, bahan makanan, dan capital equipment. Komoditi import berasal dari Perancis, Nigeria dan Inggris. Indonesia belum termasuk di dalamnya.

N. Senegal
Senegal adalah sebuah negara yang dipercaya sebagai salah satu tempat pertama di Afrika Barat yang dihuni manusia pada 15.000 tahun yang lalu. Beriklim tropis dan mempunyai tiupan angin sangat kuat. Dengan luas wilayah 11.300 km2. Negara ini berbatasan dengan Mauritania, Mali, Guinea, Guinea Bissau, dan Gambia. Ibukotanya adalah DAKKAR (terkenal dengan rally Paris-Dakkar), dan terbadi dalam 10 regions

Hasil utama Senegal adalah perikanan, fosfat dan bijih besi. Pertumbuhan ekonomi rata-rata per-tahun 5%, income perkapita US$ 1,500 per-tahun, inflasi rata-rata 3% per-tahun. Mata uangnya adalah Communaute Financiere Africaine Francs (XOF), US $1, sama dengan 696.988 XOF.

Jumlah penduduk Senegal sebesar 10,580.307 jiwa, 94% beragama Islam, 5% Kristen dan 1% Animisme. dengan komposisi etnis Wolof 43,3%, Pular 23,8%, Serer 14,7%, selebihnya adalah etnis Jola, Mandika, Soninke, Eropa dan Lebanon. Senegal memperoleh kemerdekaan dari Perancis pada tanggal 4 April 1960, dengan bentuk pemerintahannya adalah Republik. Presiden pertamanya adalah seorang Katholik, Leopold Sedar Seghor, yang dikenal sebagai Bapak Pejuang Kemerdekaan Afrika.

Sumber : 
Daldjoeni, N. 1982. Pengantar Geografi Untuk Mahasiswa Dan Guru Sekolah. Bandung: Alumni.
Dickenson, J.P dkk. 1992. Geografi Negara Berkembang (Terjemahan: Suharyono). Semarang: IKIP Semarang Press.
Suharyono. 2005. Dasar-Dasar Kajian Geografi Regional. Semarang: UNNES Press.
Motorcycle Insurance for Young Drivers It could be enjoyable to drive a car, but driving a motorcycle is extremely exciting. There‘s not something you want to beat the connection with riding a bike, especially through the night, while you cut with the cool breeze and drive with the haze of lights. When compared with cars, motorcycles are frequently less costly, but have higher fuel efficiency. These factors prompt many, including teenagers, to become included among the many four million owners of motorcycles inside the US. Identical to cars, insurance is mandatory for driving motorcycles. However, regardless of how sleek or fast a motorcycle can be, It‘s liable to accidents. Unless adequate precautionary measures are taken, it may indeed be very hazardous to drive motorcycles. Motorcycle insurance aims to totally protect your motorcycle against accidents while being driven upon the road, as also against natural disasters. Motorcycle insurance provides nearly a similar coverage as car insurance, however the rates are different. The expense of motorcycle insurance is less than that of the car, like the extent of damage that the motorcycle may cause is lower than exactly what a car may cause. For instance, having an accident having a car, the motorcycle is very likely to bear a lot of the brunt. Statistics reveal that teenage drivers tend to be more frequently associated with accidents, when compared with older drivers. Apparently, teenage drivers expose insurance companies to more risks. So, quite like car insurance, motorcycle insurance for teenagers costs more. Yet, every teenager Isn‘t treated at a similar level as much as the quantity of the premium is bothered. Numerous factors enter into play when computing the speed of motorcycle insurance for teenagers. As an example, each time a parent features a teenager with their policy, the insurance charge is lowered. Moreover, when driving an insured motorcycle, one gets extremely low rate, when compared with driving one’s own motorcycle. The charges for insurance premiums usually consider the attitude from the teenager towards driving. Factors that affect the quantity of insurance premium of motorcycles include the distance travelled from the teenager to his school or workplace, how frequently he drives the motorcycle and also the speed of which he drives. The value from the premium substantially comes down when the teenager has good driving habits, including wearing helmets whenever driving, not making use of smart phones at that time of driving, plus using additional safety accessories like elbow and knee pads. The expense of motorcycle insurance is affected even from the grades scored in school. Insurance companies hold the opinion that students who work hard to obtain superior grades are likely to become more responsible while driving. Drivers who stand out with their research is eligible for massive discounts on insurance premiums. Many other habits may help improving the rating of the teenage driver. One such habit is to finish an acknowledged driver education, including safety course, which educates the teenager on the basics of safe, responsible driving. An additional option that enables one to be eligible for a additional discounts usually is to finish a training course in defense driving. Taking consideration of these factors, it isn‘t difficult to be at roughly a similar conclusion : Doing things responsibly, including driving motorcycles, is rewarding. credit cards with cash back credit card reader credit card instant approval online apply credit card bad credit credit cards credit card selection online visa card pay with credit card credit card charges visa or mastercard credit card machine apply a credit card small business credit cards prepaid debit cards visa debit card mbna credit card credit card terminal card credit application credit card generator credit card balance credit card numbers credit card transfer credit card interest rates credit card interest gold card credit card online best rate credit cards credit card low interest visa card online online credit card how to aplly a credit card 0 interest credit cards debit card

0 Response to "Afrika Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel