Negara Maju, Belanda, Prancis dan Amerika Serikat

KONDISI UMUM
Belanda
A. Letak
Letak  Astronomis   negara belanda  berada pada 50oLU-53’LU dan 30oBT-70’ BT. Batas wilyah  negara belanda terbagi menjadi beberapa batas yaitu :   
·                Sebelah Utara berbatasan dengan  Laut Utara
·                Sebelah Timur  berbatasan dengan  Jerman Barat
·                Selatan berbatasan dengan  Belgia
·                Sebelah Barat  berbatasan dengan Laut Utara
Ibukota belanda terdapat di Amsterdam, Den Haag. Pemerintahan negeeri Belanda menganut sistem monarki konstitusional, dimana pemerintahan didirikan di bawah sistem konstitusional yang mengakui raja (atau kaisar) sebagai kepala negara. 
B. Luas
Negara Belanda memiliki luas wilayah seluas 41.526 km2 (lebih kecil dengan luas wilayah Indonesia yaitu seluas 1.919.440 km2).
C. Penduduk
Negara ini juga memiliki jumlah penduduk sekitar 16.607.543 jiwa (lebih sedikit dengan jumlah penduduk Negara Indonesia kita ini yaitu sekitar 238.452.952 jiwa). Orang Belanda sebagian besar adalah keturunan bangsa Jerman yang menetap di wilayah tersebut di zaman kuno. Tapi Belanda juga telah menjadi tempat perlindungan bagi imigran dari berbagai negeri. Di antara mereka adalah orang-orang Yahudi yang diusir dari Spanyol dan Portugal di tahun 1500-an dan dianiaya di Jerman pada tahun 1900-an. Imigran terbaru datang dari bekas koloni Belanda yang sekarang menjadi negara Indonesia dan Suriname merdeka.


D. Iklim
Seperti negara Eropa pada umumnya yang memiliki 4 musim, Belanda memiliki musim dingin, musim semi, musim panas dan musim gugur. Musim dingin hingga bersalju dibawah 0o C biasanya terjadi antara bulan Desember sampai dengan bulan Februari. Sedangkan Maret – Mei biasanya merupakan Musim Semi dimana bunga-bunga tulip yang indah sedang bermekaran. Musim Panas biasanya terjadi di bulan Juni – September dimana temperatur paling panas dapat mencapai 30o C. Musim Gugur biasanya terjadi di bulan Oct – Nov disertai dengan angin dan hujan.

Prancis
A.  Letak
     Perancis terletak di Eropa Barat, namun Perancis juga memiliki sejumlah teritori di Amerika Utara, Karibia, Amerika Selatan, selatan Samudera Hindia, Samudera Pasifik, dan Antarktika. Secara astronomis Prancis terletak pada 48° LU dan 2° BB. Perancis adalah Negara terbesar di Eropa Barat dengan 674,843 km2. Hampir semua bagian wilayah Perancis adalah daratan, hanya sekitar 2,86% berupa lautan.
Berikut ini adalah tebel batas-batas Negara Perancis yaitu :

ARAH
BATAS
UTARA
BELGIA dan LAUT UTARA
TIMUR LAUT
LUXEMBURG dan JERMAN
TIMUR
ITALIA dan SWISS
TENGGARA
LAUT MEDITERANIA
SELATAN
SPANYOL
BARAT DAYA
SPANYOL dan ANDORRA
BARAT
TELUK BISCAY dan SAMUDRA ATLANTIK
BARAT LAUT
SELAT INGGRIS
Batas Wilayah Perancis

B.  Luas
   Perancis menempati wilayah seluas 547.030 kilometer persegi (211.209 sq mi).

C.  Penduduk
Penduduk Negara Perancis berjumlah 60.424.210 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduknya 0,3% setiap tahunnya, dan kepadatan penduduk 111 jiwa/km2. Penduduk asli Negara Pernacis adalah orang Perancis. Kelompok etnis lain yang terdapat di Perancis berasal dari kaum imigran yang sebagian besar datang dari negara Portugis, Maroko, Italia, dan Tunisia. Bahasa persatuan penduduk Negara Perancis adalah bahasa Perancis. Sebagian besar penduduk Perancismenganut agama katolik Roma (76,4%) dan lebihnya ada yang menganut Islam, Protestan, dan Yahudi.
D.  Iklim
     Perancis memiliki beberapa iklim karena keunikan posisi wilayahnya yang berbatasan dengan laut dan daratan. Iklim negara perancis diantaranya :
·      Iklim kelautan, yang berlaku di bagian barat negara itu, adalah salah satu rentang suhu yang kecil, curah hujan yang cukup, musim dingin, dan musim dingin sangat dingin tapi jarang.
·      Iklim Kontinental (transisi), ditemukan lebih banyak, memanjang dari timur dan tengah Perancis, ditandai dengan musim panas yang hangat dan musim dingin lebih dingin dari daerah di barat, hujan yang cukup, dan musim dingin cenderung akan bersalju, terutama di daerah yang lebih tinggi.
·      Iklim Mediterania, luas di seluruh bagian selatan Perancis (kecuali di barat daya pegunungan), adalah salah satu dari musim dingin yang sejuk, musim panas yang panas, dan curah hujan terbatas. Suhu rata-rata adalah sekitar 11 ° C (53 ° F) di Paris. Di tengah dan selatan Perancis, curah hujan tahunan adalah ringan sampai sedang, mulai dari sekitar 68 cm (27 in) di Paris sampai 100 cm (39 in) di Bordeaux. Curah hujan berat di Brittany, daerah pesisir utara, dan daerah pegunungan, di mana ia mencapai lebih dari 112 cm (44 in).

Amerika Serikat
A. Letak
Amerika Serikat, disingkat dengan AS, atau secara umum dikenal dengan Amerika, adalah sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara, yang menjadi lokasi dari empat puluh delapan negara bagian yang saling bersebelahan, beserta distrik ibu kotaWashington, D.C. Amerika serikat terletak antara 24° LU-70°LU dan 172°BB- 66°BB. Batas –batas negara Amerika serikat:
•         Utara    : Kanada
•         Timur   : Samudra Atlantik
•         Selatan : Meksiko, teluk Meksiko
•         Barat    : Samudra Pasifik

B. Luas
Dengan luas wilayah 3,79  juta mil persegi (9,83 juta km2) dan jumlah penduduk sebanyak 315 juta jiwa, Amerika Serikat merupakan negara terluas ketiga atau keempat di dunia.

C. Penduduk
Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Amerika Serikat adalah salah satu negara yang paling multietnik dan paling multikultural di dunia, yang muncul akibat adanya imigrasi besar-besaran dari berbagai penjuru dunia.
Penduduk Amerika serikat terdiri atas orang kulit putih, orang kulit hitam dan kelompok etnis lain. Penduduk aslinya orang indian. Penduduk Amerika serikat tahun 2000 berjumlah 272.500.000 jiwa yang menduduki urutan keempat penduduk dunia.

D. Iklim
Iklim Amerika Serikat sangat beragam dan negara ini menjadi tempat tinggal bagi beragam spesies. Berikut adalah jenis – jenis iklim yang terdapat di negara Amerika Serikat:
1. Iklim subtropis
Iklim subtropis terdapat di california, sekitar teluk Meksiko, dan daerah pantai Florida, daerah ini sering dilanda angin tornado.
2. Iklim continental
Sebagian besar wilayah Amerika serikat beriklim continental. Pada musim dingin di New York sering hujan salju, di Amerika serikat sering terjadi cold waves yaitu angin dingin yang berasal dari Teluk Hudson sampai teluk Meksiko, hot waves yaitu angin panas dari teluk meksiko ke utara sampai kanada
3. Iklim laut
Iklim laut terdapat di pantai barat yaitu dari Alaska sampai california
4. Iklim gurun
Banyak di jumpai di pegunungan Cascade sampai sebelah barat aliran sungai Mississippi, curah hujan sedikit, sistem pertanian dilakukan secara irigasi (dry farming)





Kondisi Bentang Alam
Belanda
Belanda dapat dibagi menjadi tiga wilayah, yakni daerah bukit pasir sempit yang membentang di sepanjang pantai Laut Utara; dataran rendah barat; dan dataran tinggi timur yang sedikit lebih tinggi. Dataran rendah barat, di mana sebagian besar orang hidup di kota-kota yang sangat dekat satu sama lain, terletak di bawah permukaan laut. Wilayah ini dilindungi dari laut oleh bukit-bukit pasir serta tanggul-tanggul dan bendungan. Dataran tinggi timur memiliki lanskap yang bergulir perlahan. Titik tertinggi ada di provinsi Limburg di tenggara.
1.        Danau, Sungai, dan Kanal
Banyak danau mewarnai lanskap di utara. Sungai berkelok-kelok membelah daratan ke Laut Utara. Kanal-kanal menghubungkan berbagai bagian negara. Daerah delta barat dibentuk oleh tiga sungai terbesar, yakni Rijn (Rhine), dengan cabang-cabangnya yang banyak; Maas (Meuse); dan Schelde. Banyaknya sungai dan kanal membuat Belanda menjadi negara dengan salah satu jaringan saluran air terpadat di dunia.
2.        Mereklamasi Tanah dari Laut
Wilayah barat Belanda dulunya rawa besar yang dipisahkan dari Laut Utara hanya oleh bukit pasir sempit. Belanda telah meningkatkan luas wilayah mereka melalui pengeringan daerah ini. Tanggul dibangun di sekitar daerah banjir, dan air dipompa dengan kincir angin. Daerah yang dikeringkan ini -disebut polder- kini mencapai sekitar sepertiga dari total luas lahan Belanda.
Bandara Schiphol di Amsterdam, salah satu bandara tersibuk di dunia, dibangun di atas polder yang dulunya merupakan Danau Haarlem. Saat ini sebagian besar pompa drainase digerakkan oleh tenaga listrik atau mesin diesel. Masih ada sekitar 1.000 kincir angin di negara ini. Mereka dengan hati-hati dipertahankan sebagai harta nasional, tapi sebagian besar tidak lagi digunakan untuk memompa air.
Sebuah proyek reklamasi besar-besaran melibatkan Zuider Zee (Laut Selatan). Sebelumnya merupakan inlet dari Laut Utara, Zuider Zee dilindungi dari laut oleh bendungan dan berubah menjadi danau air tawar, sekarang disebut IJsselmeer (Danau Ijssel). Lima polder besar diciptakan di daerah ini. Setelah bertahun-tahun hujan menghilangkan garam laut, daerah ini sekarang menjadi situs peternakan makmur.
Delta Plan, proyek kontrol air terbesar dalam sejarah dunia, selesai pada tahun 1986. Proyek ini terdiri atas serangkaian bendungan yang ditempatkan di antara pulau-pulau yang membentuk provinsi Zeeland di barat daya. Daerah ini merupakan tempat bencana pada tahun 1953, ketika gelombang raksasa yang didorong oleh angin kencang menghancurkan tanggul. Banjir terjadi dan menewaskan sekitar 1.800 orang dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Selain mereklamasi lebih banyak lahan, diharapkan bahwa proyek Delta akan mencegah bencana seperti itu terjadi lagi.
Prancis
Bentang alam negara Amerika Serikat terbagi atas wilayah Dataran Rendah, dataran tinggi, Pegunungan, dan Pantai. Di bawah ini adalah penjelasannya
·         Dataran Rendah
Dibagian barat dan tengah terdapat dataran rendah yang membentang sepanjang pantainya. Dataran ini merupakan dataran terluas di Benua Eropa. Hampir setengah dari dataran rendahnya memiliki ketinggian kurang dari 250 m dari permukaan air laut. Tanah di dataran ini bersifat sangat subur sehingga banyak dipergunakan sebagai lahan pertanian.
·         Dataran Tinggi
Di daerah Tanjung bagian barat terdapat Dataran tinggi Brittanny yang tanahnya kurang begitu subur akibat seringnya terjadi erosi. Dibagiantengah terdapat dataran tinggi tengah (Massif Central) yang menjadi hulu dari sungai Garonne, sungai Loire, dan sungai Cher.
·         Pegunungan
Daerah pegunungan terdapat di bagian selatan dan timur. Di bagian selatan terdapat pegunungan Pyrene. Dibagian timur berturut-turut dari utara ke selatan terdapat pegunungan vosges, pegunungan Yura, dan pegunungan Alpen. Puncak tertinggi deretan pegunungan tersebut adalah gunung Blanc (4.807 m), dan merupakan gunung tertinggi di Perancis. Pegunungan Vosges merupakan hulu dari sungai Seini yang mengalir melalui paris dan bermuara ke selat inggris. Sungai Seine beserta cabang-cabangnya dimanfaatkan sebagai sarana lalu lintas sungai.
·         Perairan
Daerah perairan Perancis hanya 2,86% saja. Negara ini terdapat banyak sungai-sungai besar di Eropa diantaranya :
a.       Seine, sungai terpanjang yang dapat dilayari di negeri ini, mengalir ke barat laut dari Prancis bagian utara melalui ibu kota raya Paris dan bermuara di Selat Le Hvre.
b.      Sungai Loire, yang dianggap tercantik di Perancis bermuara di Samudra Atlantik. Sungai Rhone mengalir ke barat daya dari Jenewa di Swiss.
c.       Sungai Rhone bergabung dengan anak-anak sungai utamanya, yaitu Sungai Saone dan Isere.
Sungani Rhone bercabang ke sebuah delta luas ketika mendekati Laut Tengah. Tepat sebelum mencapai delta, sungai itu mengalir melalui kota Avignon.
Amerika Serikat
Bentang alam negara Amerika Serikat terbagi atas wilayah Dataran Rendah, Pegunungan, dan Pantai. Di bawah ini adalah penjelasannya :
1. Dataran rendah pedalaman
Daerah ini terbentang dari Plato Alleghan sampai pegunungan Rocky di bagian barat. Daerah ini (Great Plains) merupakan daerah yang paling subur karena dialiri sungai Mississippi dan sungai Missouri. Di daerah ini terdapat Pegunungan Black Mountains Dakota, Plato Colorado Texas, di wilayah Amerika serikat terdapat danau-danau terbesar di dunia yang disebut Great  Lakes. Danau-danau tersebut adalah Danau superior, Danau Erie,Danau Ontario, Danau Michigan, Danau Huron.

2.    Pegunungan pantai pasifik
          Daerah ini meliputi Pegunungan Cascade, Pegunungan Sierra Nevada, disini terdapat Gunung Whitney. Disebelah barat pegunungan Cascade terdapat lembah subur dan luas yang dialiri Sungai Sacramento dan Sungai San Joaquin.

3.    Pegunungan Rocky Mountain
     Pegunungan ini membetang dari Alaska, Kanada, Amerika serikat, dan Meksiko. Pegunungan ini terbelah oleh Great Divide (garis imajiner), gunung tertinggi adalah Gunung Ebert (4.399 m).

4. Dataran pantai Atlantik
Daerah ini merupakan dataran rendah dan pesisir teluk Meksiko mulai dari Long Island,ke selatan Carolina,Florida,Texas,Georgia,terdapat teluk Chesapeake dan terdapat sungai Hudson dan sungai Richmond.

5. Pegunungan Appalachia
Wilayah ini terbentang dari peg.Adirondock kearah barat daya ke Alabama.

6. Wilayah antar pegunungan
Wilayah ini terletak di sebelah barat Pegunungan Rocky Mountains, yang merupakan daerah paling kering. Wilayah ini berupa gurun (Gurun Sonora, Majave, Death Valley) dan dataran tinggi Coloradodataran tinggi Colombia dan Great Barier.

Kondisi Pemerintahan
Belanda
Sistem Pemerintahan Kerajaan Belanda adalah parlementer. Sistem pemerintahan parlementer adalah sebuah sistem pemerintahan di mana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Dalam hal ini parlemen memiliki wewenang dalam mengangkat perdana menteri. Parlemen juga dapat menjatuhkan pemerintahan, yaitu
dengan cara mengeluarkan semacam mosi tidak percaya.
Sistem ini berbeda dengan sistem presidensil, dimana sistem parlemen dapat memiliki seorang presiden dan seorang perdana menteri, yang berwenang terhadap jalannya pemerintahan. Dalam sistem peerintahan presidensil, presiden berwenang terhadap jalannya pemerintahan, sedangkan dalam sistem pemerintahan parlementer, presiden hanya menjadi simbol kepala negara saja.
Belanda juga menganut sistem monarki konstitusional. Sistem monarki konstitusional adalah bentuk pemerintahan monarki yang didirikan di bawah sistem konstitusional yang mengakui seorang raja yang dipilih atau sebagai kepala negara secara turun-temurun. Raja yang menjabat sebagai kepala negara tersebut, kekuasaannya dibatasi oleh undang – undang dasar (konstitusi). Berbeda dengan presiden yang hanya menjabat selama kurun waktu tertentu, dalam monarki raja berkuasa selama hidupnya dan akan diganti dengan keturunannya apabila ia (raja) meninggal. Dalam ketatanegaraan Belanda, secara resmi Raja/Ratu merupakan pengikat antara tiga kekuasaan yaitu kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif.
2.3.2 Prancis
Republik Perancis adalah sebuah republik semi-presidensial uniter dengan tradisi demokratis yang kuat. Konstitusi Republik Kelima disetujui melalui referendum tanggal 28 September 1958. Sehingga memperkuat kewenangan eksekutif dengan parlemen. Cabang eksekutif itu sendiri memiliki dua pemimpin: Presiden Republik, yang merupakan Kepala Negara dan dipilih langsung oleh hak pilih universal orang dewasa untuk jabatan selama 5 tahun (sebelumnya 7 tahun), dan Pemerintah, dipimpin oleh Perdana Menteri yang ditunjuk presiden.
Amerika Serikat
1.      Negara Amerika Serikat adalah suatu negara federasi/serikat yang memiliki 50 negara bagian dengan pusatnya Washington D.C yang berbentuk  republic .Sedangkan  sistem pemerintahan yang dianut adalah Sistem Pemerintahan Presidensial, sehingga presiden disamping sebagai pemegang kekuasaan sebagai kepala pemerintahan juga sekaligus sebagai kepala negara.
2.      Adaya pemisahan kekuasaan yang tegas antara eksekutif, legislatif dan yudikatif yang biasa disebut dengan “Separation of Power Teory yang diilhami ajaran Trias Politika dari Montesquieu yang mengajarkan bahwa kekuasaan dalam sustu negara harus dipisahkan dalam 3(tiga) kekuasaan yaitu :
a.legislatief    : kekuasaan yang membuat Undang-Undang.
Kekuasaan legislatif berada pada parlemen yang disebut Konggres(congress)Konggres terdiri dari 2 kamar, yakni Senat dan House of Representatif. Anggota Senat(perwakilan negara bagian) perwakilan tiap tiap negara bagian masing-masing 2. jadi ada 100 senator. Sedangkan House of Representatif (DPR) ditentukan berdasarkan jumlah penduduk.

                       
b.Eksekutif    : kekuasaan yang menjalankan Undang-Undang.
Kekuasaan eksekutif dipegang oleh Presiden yang dipilih oleh rakyat. Presiden berkedudukan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan. Presiden dan wapres dipilih melalui Pemilu, sehingga tidak bertanggung jawab pada Kongres.tetapi jika presiden dinyatakan melakukan kejahatan dan pelanggran berat(high crimmines and misdemeasnors),yaitu kegiatan melawan negara seperti :penghianatan,korupsi besar ,dll maka presiden bisa dipecat (impeachment).

c.Yudikatif    : kekuasaan yang mengawasi jalannya UU dan menjatuhkan sanksi bagi  pelanggar U,  hal ini  dilakukan dalam rangka agar tercipta adanya check and balance sehingga tidak ada kekuasaan yang terlalu dominan. Kekuasaan yudikatif berada pada Mahkamah Agung (Supreme of Court) yang  bebas dan merdeka ,tidak bisa dipengaruhi oleh kekuasaan lainnya. Kekuasaan yudikatif berada pada Mahkamah Agung (Supreme of Court) yang  bebas dan merdeka ,tidak bisa dipengaruhi oleh kekuasaan lainnya.

3. Sistem kepartaian menganut sistem dwipartai. Ada dua partai yang dominan di Amerika Serikat, yakni Partai Demokrat dan Republik.

4.    Sistem Pemilu menggunakan sistem distrik.

Kondisi Ekonomi
  • Belanda

Pertanian, perikanan, perkapalan, dan perdagangan secara tradisional merupakan kegiatan ekonomi utama Belanda. Manufaktur sekarang memainkan peran yang dominan dalam perekonomian. Industri perbankan dan jasa lainnya juga vital. Belanda adalah anggota asli European Economic Community, yang dibentuk pada tahun 1957 dan sekarang disebut European Union (UE, Uni Eropa).
Jasa
Industri jasa menyumbang lebih dari 70 persen dari perekonomian. Mereka mempekerjakan lebih dari 70 persen angkatan kerja. Dari layanan pemerintah hingga jasa pariwisata, perbankan, dan bisnis dan pribadi, Belanda memiliki salah satu perekonomian jasa terkuat di Uni Eropa.
Manufaktur
Manufaktur membentuk sampai sekitar 26 persen dari perekonomian. Sektor ini mempekerjakan 23 persen dari angkatan kerja. Barang-barang yang diproduksi utamanya adalah makanan olahan, produk logam dan teknik, mesin dan peralatan listrik, bahan kimia, produk minyak bumi, dan mikroelektronika.
Pertanian dan Perikanan
Pertanian Belanda biasanya kecil. Hanya sekitar 4 persen dari angkatan kerja yang bergerak di bidang pertanian. Tapi pertanian secara luas dibudidayakan dengan peralatan mekanis dan menghasilkan surplus untuk ekspor. Tanaman utama meliputi gandum, rami (digunakan untuk membuat linen), oat, kentang, gula bit, sayuran, dan buah-buahan. Bunga-bunga segar dan umbi-terutama bunga tulip, hyacinth, dan bakung juga ditanam dalam jumlah besar. Semuanya diekspor di seluruh dunia.
Namun, peternakan sapi perah adalah bagian paling penting dari ekonomi agrikultural. Sebagian besar lahan digunakan untuk tempat merumput sapi perah. Belanda terkenal dengan produk susu seperti keju, susu, dan mentega. Sapi dan ternak lainnya juga dipelihara untuk diambil dagingnya. Industri perikanan Belanda telah ada selama berabad-abad dan masih memberikan kontribusi untuk perekonomian. Hasil tangkapan utama adalah herring, makarel, cod, haddock, dan belut.
Perdagangan
Lokasi negara ini di Laut Utara telah membuatnya menjadi pusat perdagangan alami. Tidak hanya berdagang dengan banyak negara di seluruh dunia, namun kapal-kapal juga membawa barang pergi ke dan dari negara-negara di sepanjang Sungai Rhine. Mitra dagang yang paling penting adalah Belgia, Inggris, Jerman, Amerika Serikat, Prancis, dan Italia.
Prancis
Perekonomian Negara Perancis didukung oleh beberapa sektor antara lain sebagai berikut :
1.        Pertanian
Tanaman pertanian di Negara Perancis banyak ditanam di bagian utara dan timur laut. Di daerah ini tanahnya sangat subur dan sangat cocok ditanami bit (tebu) dan gandum. Di bagian selatannya banyak ditanami anggur (penghasil terbesar ke-2 dunia). Hasil-hasil pertanian lainnya yaitu kentang, Barley, apel, dan sayur-sayuran
2.        Peternakan
Jenis ternak yang dipelihara adalah lembu, biri-biri, dan babi. Hasil ternaknya berupa susu (pengahasil terbesar ke-3 dunia), daging, keju, dan mentega. Daerah-daerah peternakannya terdapat di pantai barat laut (sapi perah), Normandia dan Requefort (keju), dan Perancis tengah (daging).
3.        Perikanan
Jenis-jenis ikan yang dihasilkan antara lain ikan haring, ikan cod, ikan tuna, dan kerang-kerangan. Penagkapan ikan dipusatkan di pelabuhan pantai Armorica. Pabrik pengalengan ikan terdapat di kota Boulogne dan Lorient.
4.        Pertambangan
Jenis-jenis tambang yang terdapat di Perancis antara lain sebagai berikut :
·      Batu bara, terdapat di Artois, Nord, dan Lorraine.
·      Minyak bumi, terdapat di Landes.
·      Gas alam terdapat di pegunungan Pyrene (merupakan sumber gas alam terbesar).
·      Bijih besi dan fosfat, terdapat di Lorraine.
·      Bauksit, terdapat di Brignoles, Provence, dan Largen Tiere.
·      Potas, terdapat di selatan Alsace.
·      Garam, terdapat di Midi, Vendee, dan Lorraine.
5.        Perindustrian
Jenis-jenis yang diusahakan dan dikembangkan antara lain sebagai berikut.
·      Industri pengawetan dan pengalengan ikan terdapat di Boulogne dan Lorient.
·      Industri/Proyek tenaga listrik raksasa pertama di dunia yang menggunakan arus pasang surut, terdapat di muara sungai Rance di teluk Saint-Malo (Bretagne).
·      Industri mobil terbesar terdapat di Renault.
·      Industri besi baja, terdapat di Usinor Dunkerque dan Fos – Sur – Mer.
·      Industri pesawat terbang, terdapat di Paris dan Toulouse.
·      Industri kimia, terdapat di Lyon.
·      Industri elektronika, terdapat di Paris.
6.        Perdagangan
·      Ekspor utama Negara Perancis adalah mobil, lokomotif, kapal barang, barang kimia, tekstil, pakaian, persenjataan, dan anggur.
·      Impor Negara Perancis adalah batu bara, kapas, minyak bumi, bahan mentah industri, dan alat-alat transportasi.
·      Mitra dagang utamanya ialah Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) dan Amerika Serikat.
7.        Pariwisata

Perancis
memiliki tempat wisata yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari museum dan monumen Paris ke pantai di lereng Riviera dan ski di pegunungan Alpen. Tempat yang paling banyak dikunjungi ialah Menara Eifel, Museum Louvre dan Gunung Mount Blanc.



Amerika Serikat
Pendapatan per kapita Negara Amerika Serikat sebesar kurang lebih US $ 36.010. Pendapatan ini didukung oleh beberapa sektor :
1.    PERTANIAN
Hampir lebih kurang 47 % tanah di Negara Amerika Serikat dipergunakan untuk lahan pertanian. Jenis-jenis pertanian yang diusahakan antara lain :
·      Tembakau, ditanam di daerah Tenresee, Georagia, Kentucky, dan  Virginia.
·      Tebu, ditanam di muara Sungai Mississippi.
·      Gandum, daerahnya disebut wheat belt. Gandum di Amerika Serikat dibedakan atas gandum musim dingin (winter wheat) dihasilkan di Kansas, dan gandum musim semi (spring wheat) dihasilkan di daerah Montana, Dakota Utara, Minnesota, dan Dakota Selatan.
·      Jagung, daerahnya disebut Corn belt, ditanam di daerah Ohio, Missouri, Indiana, Minnesota, dan Lowa.
·      Kapas, daerahnya disebut Cotton belt, ditanam di daerah Texas, Alabama,Georgia, Lousiana, dll.
·      Padi, ditanam di California dan Georgia.
·      Sayur-sayuran, ditanam di sepanjang pantai Atlantik.
·      Buah-buahan, hasilnya anggur, apel, dan sejenis jeruk.
  1. PETERNAKAN
Jenis-jenis ternak yang diusahakan antara lain :
    • Biri-biri, diternakan di daerah Prairie terutama di Texas.
    • Sapi dan babi diternakan di daerah yang menghasilkan jagung.
    • Kambing
    • Unggas
    • Kuda
Hasil ternaknya antara lain daging, susu, dan wol.

  1. PERIKANAN
Perikanan diusahakan secara besar-besaran di Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Jenis ikan yang dihasilkan ialah salmon, sardine, tuna, dan haring.

  1. PERTAMBANGAN
Negara Amerika Serikat merupakan salah satu negara maju yang mempunyai deposit minerala cukup strategis. Jenis-jenis barang tambangnya antara lain :
·         Batu bara, terdapat di leeng sebelah barat Pegunungan Alleghany, membentang dari Pensylvania sampai Alabama.
·         Bijih besi, terdapat di dekata Danau Superior yaitu sepanjang Pegunungan Mesabi Range.
·          Minyak bumi, terdapat di Ohio, Texas utara, California, Pensylvania, dan Oklahoma.
·          Timah, di Bukit Black.
·         Tembaga, di Arizona dan Montana.
·          Bauksit, di Arkansas.
·         Emas, di Nevada, Colorado.

  1. PERINDUSTRIAN
Perindustrian di Amerika Serikat merupakan tulang punggung perekonomian. Sector industri menyumbangkan 21,4% dari produk domestic brutonya. Jenis-jenis industrinya antara lain :
·           Industri baja, di daerah Pittsburgh (pusat industri baja), Chicago, Buffalo, Birmingham, dan Cleveland.
·           Industri tekstil, di zina kaki pegunungan di Carolina dan Georgia.
·           Industri tembaga, terdapat di Montana dan Anaconda.
·           Industri pengilangan minyak, di Oklahoma dan Texas.
·           Industri pembuatan film, di Hollywood (Los Angeles).
·           Industri mesin pertanian terbesar di Waterivo.
·           Industri pesawat terbang dan peralatan militer di Seatle.
·           Industri petrokimia di Juliet
·           Industri wol di Pensylvania dan Massachusetts.
·           Industri sutera di New Jersey dan South Carolina.
Sifat indstri Negara Amerika Serikat antara lain :
·           Pembagian kerjanya sangat teliti.
·           Produksi dihasilkan secara besar-besaran.
Beberapa perusahaan sejenis membentuk asosiasi untuk menghindari adanya persaingan tidak sehat. Pemakaian system standar, yaitu membuat baraqng-barang dengan ukuran tertentu. Menempatkan tenaga kerja sesuai dengan bidang keahliannya.
  1. PERDAGANGAN
Ekspor Negara Amerika Serikat yaitu mobil, pesawat terbang, peralatan persenjataan, mesin-mesin, alat-alat elektronika, minuman kaleng, bahan kimia, dll.
Impor Negara Amerika Serikat yaitu minyak bumi, pakaian jadi, kayu, karet, kopi, gula, dll.
  1. PARIWISATA
Amerika Serikat juga memiliki banyak tempt-tempat wisata yang terkenal akan keajaiban dan keunikan tempatnya, antara lain :
·           Yellowstone National Park di Wyoming. Tempat ini terkenal akan objek wisata geiser atau air panas.
·           The Grand Canyon of Colorado di Arizona bagian utara, yang terkenal dengan berbagai bentukan alam yang menakjubkan.
·           Yosemite National Park terdapat air terjun dan kayu raksasa.
·           Jembatan Golden Gate di San Fransisco.
·           Pantai Florida di Miami di mana terdapat Palm Beach dan Long Beach. Pantai California dengan pemandangannya yang indah.
Life Insurance Plans and Its Typical Benefits Life insurance plays a pivotal role in your life and thus it shouldn‘t be overlooked by any chance. It‘ll offer you and your company the stable protection required during this world that‘s constantly changing. Often people think this plan is just too complicated and too costly, however the the fact is it isn‘t so and do not need to need to be. A life insurance policy is really a flexible and powerful tool that could protect you and also your family members and can turn out to be an absolute value for money. So just before ignoring it altogether learn what it may actually do for you personally. The death benefit in an insurance policy can act like the difference amid staying in your own home, to stay a treasured family or offering for advanced schooling or otherwise. All sorts of things when you have something or someone that you wish to guard then it‘s the life insurance policy which will help you in accomplishing the aim no matter your present stage in everyday life. Discover life insurance and it is typical benefits Below are a few ways the way in which a life insurance plan may help. These include, It‘ll protect the longer term of your loved ones by providing income for paying expenses like advanced schooling, look after parents or children, a mortgage and emergency demands which can crop up like the household gets its financial footing It‘ll protect you along with your relations against financial risks along with your financial commitments and life circumstances changing from time for them to time It can help you leave a legacy by making extra wealth for you personally and your loved ones, offsetting the estate tax’s impact or perhaps a charity which you wish you support It‘ll assist in protecting a business in several ways like unlocking your business’s value for the retirement, implementing your succession plans or covering in the loss of a crucial employee Different other ways during which life insurance cover can help A life insurance coverage may provide some features and options that will assist in expanding the ways it could be utilized, thereby which makes it a far more powerful and versatile financial resource for example, Usually there are some policies which have optional riders or benefits which could purchase terminal or chronic illness care expenses Usually there are some policies that provide features which could assist in preventing the policy against ending prematurely must you become unemployed A life insurance policy which will build cash value as time passes will allow you in taking supplemental income using this value. This income could be useful for unexpected expenses along with other needs The optional features of another plans will allow you in covering additional people like your kids or spouse, everything in one policy With such a lot of benefits under one cover are you continue to thinking? credit cards with cash back credit card reader credit card instant approval online apply credit card bad credit credit cards credit card selection online visa card pay with credit card credit card charges visa or mastercard credit card machine apply a credit card small business credit cards prepaid debit cards visa debit card mbna credit card credit card terminal card credit application credit card generator credit card balance credit card numbers credit card transfer credit card interest rates credit card interest gold card credit card online best rate credit cards credit card low interest visa card online online credit card how to aplly a credit card 0 interest credit cards debit card

0 Response to "Negara Maju, Belanda, Prancis dan Amerika Serikat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel